PONOROGO  Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur kembali meraih Piala Adipura kelima kalinya untuk kategori Kota Kecil. Bupati Ponorogo, H. Amin, SH.,MH menerima Piala Adipura dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (5/6) bertepatan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012, bertempat di Istana Negara, Jakarta. 

 

Pada kesempatan tersebut Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono juga menyerahkan Penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, dan menerima buku Status Lingkungan Hidup Indonesia 2011, serta menandatangani Sampul Hari Pertama Perangko Seri Peduli Lingkungan 2012.

 

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 adalah Green Economy : Does It Include You?. Disesuaikan dengan konteks Indonesia menjadiEkonomi Hijau : Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan. Makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan. Tema ini juga dimaksudkan untuk mengangkat momentum United Nations Conference on Sustainable Development atau dikenal Rio+20 yang akan diselenggarakan pada bulan pertengahan Juni 2012.

 

Selain itu, Kabupaten Ponorogo yang diwakili oleh SMK Negeri 1 Jenangan, Ponorogo juga berhasil mempersembahkan Piala Adiwiyata. Piala diterima langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Jenangan, Nurdiyanto. 

 

Menurut Bupati Ponorogo, H. Amin, SH.,MH melalui Kabag Humas Pemkab Ponorogo, Didik Setiyawan, Adipura dan Adiwiyata adalah hasil kerja keras semua pihak yang ada di Bumi reyog. “Tanpa dukungan masyarakat, susah rasanya Piala Adipura dan Adiwiyata bisa disandingkan tahun ini untuk Kabupaten Ponorogo,” ungkap Didik Setiyawan kepada Sinergis

 

Terkait dengan acara Kirab Piala Adipura dan Adiwiyata akan dilaksanakan Jum’at (8/6) mendatang. 

(MUH NURCHOLIS)