PACITAN- Musik, bukan sekedar sarana penghibur hati nan lara. Namun musik juga punya peran sebagai misi pemersatu bangsa. Demikian diungkapkan Wiwik, HS, salah satu anggota panitia penyelenggara lomba nyanyi lagu karya cipta Presiden SBY, Minggu (13/10). Owner Andantino Musik Course ini mengatakan, setiap lirik lagu punya makna tersendiri.

Begitu pun lagu karya cipta pendiri Partai Demokrat tersebut. “Salah satu misi yang tersirat disetiap lagu, tidak terlepas dari semangat persatuan dan kesatuan. Karena itu dengan lomba nyanyi lagu karya
cipta SBY, akan lebih mempererat tali persaudaraan dan persatuan dengan semua elemen bangsa,” imbuhnya.

Wiwik menjelaskan, sudah lima tahun ini, talenta para penyanyi lokal dan luar daerah diuji dalam event lomba menyanyi tersebut. “Sambutannya memang luar biasa. Bukan hanya penyanyi lokal yang tertarik mengikuti kegiatan tersebut. Akan tetapi, penyanyi dari penjuru kota, bahkan luar pulau jawa juga tertarik dan mengikuti kegiatan tersebut,” akunya, bangga.

Dia berharap, dengan event yang lebih menonjolkan ketokohan Presiden SBY, akan bisa mengangkat dan mempromosikan Kabupaten Pacitan. Bahkan bukan hanya level nasional, namun juga dunia internasional. “Dengan media musik dan lagu, Kabupaten Pacitan yang merupakan kampung halaman Pak SBY, akan lebih dikenal diseantero jagad,” tandasnya.

Sementara itu Edhie Baskoro Yudhoyono, Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat yang akrap disapa Ibas mengapresiasi penyelenggaraan lomba nyanyi lagu SBY. “Saya apresiasi diselenggarakannya lomba nyanyi lagu cipta SBY ini. Masyarakat Pacitan dan peserta dari luar Pacitan begitu antusias menyambut acara ini,” ungkap Ibas.

Ibas juga menjelaskan, di tengah kesibukan menjalankan tugas kenegaraan, Bapak Presiden masih dapat meluangkan waktunya untuk menciptakan lagu- lagu yang bertemakan pembangunan dan optimis dalam menatap masa depan. Pidato ini seolah menyiratkan target partai Demokrat pada Pilpres 2014 mendatang meraih kemenangan.

“Tentu semangat dan dedikasi beliau perlu kita teladani. Makna-makna yang terkandung dalam lirik-lirik lagu yang beliau ciptakan juga bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk melanjutkan pemikiran-pemikiran beliau yang begitu mencintai tanah air Indonesia,” tambah Ibas.

Politisi muda ini juga menyambut positif usaha pihak panitia yang telah menyiapkan penyelenggaraan acara lomba tersebut hingga menginjak tahun ke lima.

“Saya mendengar peserta lomba ini ada yang datang jauh-jauh dari wilayah Jawa Tengah dan luar pulau Jawa, untuk itu, saya mengucapkan selamat berlomba dan berkreasi. Semoga melalui kompetisi ini, kemampuan para peserta di bidang seni suara semakin meningkat.” ujarnya lugas. (Frend Mashudi/Yuniardi Sutondo.