PACITAN – Objek Wisata Pantai Klayar di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dipadati wisatawan saat libur panjang yang bertepatan dengan akhir pekan dan perayaan Tahun Baru Imlek.
Pantauan di objek wisata Pantai Klayar pada Minggu, wisatawan mulai berdatangan sejak pagi hari setelah Matahari terbit. Bahkan hingga saat matahari terbenam, ribuan wisatawan masih memadati Pantai Klayar. Sebagian diantaranya menikmati malam tahun baru Imlek dengan menggelar camping atau menyewa homestay di Pantai yang dikenal dengan seruling samudera ini.
Antrian kendaraan yang hendak menuju ke Pantai Klayar sepanjang 1 Km pun berlangsung hingga Minggu sore sekitar pukul 17.00 WIB.
Salah seorang pengunjung dari Semarang, Agung (38) mengaku sengaja datang untuk berlibur ke pantai tersebut. “Datang bersama keluarga,” ujarnya.
Para pengunjung Pantai Klayar sendiri dimanjakan dengan hamparan pantai berpasir putih. Selain itu, terdapat sejumlah permainan yang bisa dinikmati para pengunjung, baik anak-anak maupun orang dewasa, seperti permainan motor ATV. Banyak diantaranya yang mengabadikan momen di kawasan seruling samudera.
Koordinator Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Klayar, Suripto membenarkan banyaknya wisatawan yang mengunjungi objek wisata yang semakin tertata rapi ini. “Alhamdulillah hari ini membludak, ditambah cuaca cerah sehingga bisa dipadati pengunjung,” katanya saat berbincang dengan Pacitanku.com di sela pemantauan wisatawan di tower pengawasan Pantai Klayar.
Menurut Suripto, dengan dilebarkannya jalur menuju ke Pantai Klayar, hal tersebut semakin memudahkan pengunjung dan mengurangi kemacetan. “Selain itu sejak sekitar 4 bulan terakhir, kita membuka kawasan parkir baru, dan hari ini untungnya cerah, sehingga kawasan parkir tersebut bisa digunakan ratusan kendaraan para wisatawan,” kata pria asal Desa Kendal, Kecamatan Punung ini.
Saat ini, mayoritas wisatawan yang menikmati keindahan Pantai Klayar berasal dari luar kota, seperti Bandung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta dan Kabupaten Malang.(**)