NGAWI-Ada-ada saja yang dilakukan warga untuk membuat proses demokrasi Pilgub Jatim menjadi unik dan menarik. Lantaran TPS sepi acapkali dilakukan pemilihan, sekaligus untuk meminimalisir angka Golput warga pun ambil inisiatif dengan menggelar ritual dan hiburan di TPS.

Sepertihalnya yang di gelar di TPS 05 Desa Campurasri Kecamatan Karangjati Ngawi. Sebelum pelaksanaan pemungutan suara dilakukan, warga menggelar ritual yang dipimpin oleh sesepuh desa. Ritual ini tak ubahnya seperti prosesi pernikahan adat Jawa.

Tak hanya itu, Panitia pemungutan suara,didukung perangkat desa setempat menyuguhkan hiburan sekaligus menyediakan hadiah menarik berupa Doorprize bagi para pemilih.” Selain kita menghias TPS, panitia juga menyediakan hadiah menarik agar minat  pemilih meningkat, karena tiap kali diadakan pemilihan partisipasi warga untuk memilih sangat kurang,” ungkap Yoko, salah seorang Panitia di TPS tersebut.

Diakuinya, setelah warga usai dari bilik suara, petugas TPS kemudian membagikan kupon berhadiah yang diundi sehabis perhitungan suara.”Mau nggak mau warga akan mengikuti proses demokrasi ini hingga usai,” jelasnya.

Seperti diketahui, di desa Campurasri ini terdapat 5 TPS dengan jumlah pemilih mencapai 2.681 jiwa. (Ardian)