Pacitan- SBY, Ibu Ani dan Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono akhirnya menapakan kaki kembali di Sekolah masa SMP SBY yaitu SMP Negeri 1 Pacitan “Senang sekali saya bisa bersilaturahmi lagi di SMPN 1 Pacitan tercinta ini. Saya mengenang masa-masa sekolah saya yang sangat membahagiakan,” jelas Ayahanda Ibas tersebut.

 

SBY pun memberikan beberapa wejangan kepada para siswa dan siswi sebagai alumnus SMPN 1 Pacitan ini. “Sebagai alumnus siswa SMP ini saya berharap agar anak-anak bisa menjadi pemimpin. Kalau orang lain bisa, Pasti anak-anak juga bisa. Jika SBY bisa, kalian semua pasti bisa,” dorong SBY.

SMPN 1 Pacitan

Dirinya mengungkapkan bahwa untuk menjadi pemimpin, etika, logika dan estetika bagi kehidupan harus berjalan seiring dan seimbang. “Tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin. Kita harus mengolah tiga faktor penting dalam kehidupan agar bisa tersalurkan dengan baik,” jelasnya.

 

Tak lupa, SBY juga memberikan puisi kepada sekolah-sekolah di pacitan berjudul “Hari lalu”. Puisi ini merupakan puisi kenangannya ketika menjadi anak sekolah Pacitan. “Sangat spesial sekali bagi Saya bisa bersekolah disini. Tentunya dharma bakti saya untuk sekolah tercinta akan terus saya emban,”ucap SBY.

 

Setelah itu, SBY dan rombongan pun bertolak ke SMAN 1 untuk meninjau galeri karya siswa/I SMA unggulan tersebut. “Saya bangga sekali melihat sekolah-sekolah di Pacitan mempunyai kualitas yang mumpuni dan bersaing,”ungkap SBY dengan bangga.

Memberikan Salam kepada SMPN1

Di sela-sela kegiatan pun, Ibas mengungkapkan bahwa karya-karya siswa Pacitan tidak kalah dengan karya-karya siswa di sekolah-sekolah lain. “Harapan saya, semoga kedepannya siswa Pacitan bisa meneruskan dharma bakti sebagai pemimpin panutan bangsa dan menjadi pionir kesuksesan pendidikan di daerah,” ujar anggota DPR RI Komisi X tersebut.

 

Ibas juga menghimbau agar sekolah mampu memperhatikan potensi-potensi siswa terutama yang berprestasi sehingga bisa mendapatkan bantuan beasiswa.