TRENGGALEK Tim kuasa hukum Ketua DPRD Trenggalek, Jawa Timur,Sanimin Akbar Abas bakal menjaminkan Bupati dan Wakil BUpati Trenggalek dalam pengajuan penangguhan penahanan ke kejaksaan. Kuasa hukum Akbas Abas, Puji Handi mengatakan, selain kepala daerah, pihaknya juga akan menjaminkan keluarga serta beberapa anggota DPRD.

“Kami sudah berkomunikasi, saat ini pak bupati sedang ada di Batam, kalau pak wakil bupati ada disisini (Trenggalek), tapi kami sudah kontak-kontak, melalui telepon kami memohon (untuk menjadi penjamin) dan beliau-beliau bersedia. Hanya semua itu sekarang berpulang pada hak prerogatif kejaksaan, mudah-mudahan pihak kejaksaan mau memahami alasan kami tersebut. Pengajuannya tahanan kota,” kata Puji Handi.(14/3)

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Wakil Bupati Trenggalek, Kholiq menyatakan enggan dikait-kaitkan dengan kasus yang dialami ketua DPRD tersebut. Ia menilai, penjaminan itu tidak ada relevansinya, karena secara berbeda secara kelembagaan maupun partai politik.

Ketua DPRD Trenggalek, Sanimin Akbar Abas dijebloskan ke Rutan Medaeng Sidoarjo karena terjerat kasus dugaan korupsi pemotongaan uang saku perjalanan dinas. Kerugian akibat kasus tersebut diperkirakan mencapai Rp.500 juta. (DIMAS)