TRENGGALEK (edhiebaskoro.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur memastikan telah menerima seluruh surat suara untuk pemilihan umum legislatif (pileg) 9 April mendatang.
Kepala Divisi Logistik KPU Trenggalek, Budi Mukaryanto, Jumat mengatakan, surat suara tersebut terdiri dari empat jenis, yakni untuk calon anggota DPD, DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi dan DPR-RI.
“Masing-masing tingkatan berjumlah 570.529 lembar, itu dihitung sesuai DPT (daftar pemilih tetap) ditambah dua persen untuk cadangan,” katanya.
Sehingga jumlah total logistik utama pemilu yang telah dikirimkan ke KPU Trenggalek mencapai 2.282.516 lembar. Saat ini surat suara itu disimpan di gedung Serbaguna Kelurahan Kelutan, Kecamatan Trenggalek.
Lebih lanjut Budi menjelaskan, selama dalam penyimpanan, surat suara tersebut dijaga selama 24 jam oleh aparat kepolisian, guna meengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
Pria yang akrab disapa Kabul ini menambahkan, sesuai dengan tahapan pemilu legislatif, KPU Trenggalek akan melakukan pelipatan sekaligus penyortiran surat suara pada awal Maret mendatang.
“Untuk pelipatan nanti, kami akan mengerahkan sekitar 300 orang, yang kami rekrut dari warga sekitar Trenggalek sini saja,” imbuhnya.
Ratusan pekerja tersebut akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Selama proses pelipatan, KPU akan melakukan pengawasan penuh terhadap masing-masing kelompok.
“Pengawasan itu untuk memastikan, bahwa proses yang dilakukan sesuai dengan ketentuan. Karena ini nanti menyangkut kelancaran  pemilihan umum,” kata Budi Mukaryanto.    
Sementara terkait dengan logistik pemilu yang lain, Budi mengaku, KPU Trenggalek hanya tinggal menunggu pengiriman formulir rekapitulasi dari KPU Provinsi Jawa Timur. Pihaknya optimistis seluruh logistik pemilu tersebut akan terdistribusikan sesuai dengan rencana.(Dimas)