Trenggalek – Komisi Pemilihan Umum kabupaten (KPU) Trenggalek, Jawa Timur mencoret sejumlah pandaftar panitia pemilihan kecamatan (PPK) karena terindikasi terlibat dalam partai politik tertentu. Komisioner KPU  Kabupaten Trenggalek, Jumani mengatakan, pencoretan tersebut dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat serta penelusuran ke sejumlah pihak. Namun ia enggan menyebutkan jumlah pasti calon yang diduga terlibat parpol tersebut.

Kata dia, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap rekam jejak calon PPK. Bahkan meskipun nantinya telah ditetapkan sebagai anggota PPK, namun terbukti menjadi anggota maupun kader partai politik tertentu, KPU akan melakukan pemecatan.

“Kemarin memang pada seleksi administrasi ada beberapa yang terindikasi, itu akhirnya rapat pleno memutuskan bahwa mereka tidak lolos administrasi. Tapi nanti andaikan setelah wawancara ini masih ditemukan lagi  itu kami akan menyisir lagi, andaikan itu (mereka) dikatakan berkualitas bagus tapi kalau terindikasi orang partai atau mantan caleg (Pemilu 2004) dan sebagainya berarti dia harus gugur,” kata Komisioner KPU Trenggalek, Jumani.

Saat ini KPU Kabupaten Trenggalek baru saja melakukan seleksi terhadap 163 calon anggota PPK untuk pemilu legislatif 2014, rencananya kamis depan pihaknya akan menetapkan 70 anggota PPK terpilih untuk 14 kecamatan. (Dimas)