Magetan- Komunitas petani organik di bawah binaan Griya Aspirasi EBY Magetan mendapatkan undangan mengikuti workshop di Singgasana Hotel, Jalan Gunung sari Surabaya selama 2 hari, mulai (16-17/5/13).

Workshop tersebut diselenggarakan oleh AIPD ( Australia Indonesia Partnership For Decentralisation) yang bekerjasama dengan Bappeda Provinsi Jawa Timur. Tujuan diselenggarakannya Workshop, untuk mensosialisasikan program dan capaian pembangunan Jawa Timur, meningkatkan partisipasi aktif masyarakat sipil sebagai bagian dari pemangku kepentingan Pembangunan Daerah dalam kontek Desentralisasi dan perbaikan layanan Publik. Selain itu diadakannya Workshop tersebut untuk membentuk Forum Kemitraan pemangku kepentingan (FKPK) di Jawa Timur serta merumuskan rekomendasi tentang program strategis FKPK bagi peningkatan layanan Publik dan penanganan permasalahan pembangunan di Jawa Timur.

Menurut Agus Suprayitno, Koordinator Griya Aspirasi EBY Kabupaten Magetan, Griya aspirasi sengaja memberangkatkan perwakilan dari Komunitas petani organik dibawah binaan Griya Aspirasi agar mereka  bisa memberikan masukan dan kontribusinya dalam bidang pertanian di Magetan khususnya dan di Jawa timur pada Umumnya.

“ kami mengirim Pak Toyo sebagai perwakilan dari Kelompok Petani Organik magetan mengikuti Workshop tersebut karena disana masing- masing perwakilan di 38 Kabupaten/Kota di jawa Timur akan diberikan waktu untuk menyampaikan Makalahnya terkait kabupaten/Kota masing- masing, dan ini kesempatan bagi Petani Organik  Magetan untuk bisa memberikan gambaran tentang perkembangan pertanian di Magetan serta prospek pertanian organik ke depan” jelas Agus.(16/5/13)

Peserta dalam workshop tersebut perwakilan dari Masyarakat Sipil( LSM, kalangan Universitas,Organisasi Massa/Keagamaan, Komunitas, dan Media Massa di 38 kabupaten/kota di jawa timur yang  selama ini peduli terhadap isu- isu pembangunan daerah(Pendidikan, Kesehatan, Kemiskinan, Pertanian,pengangguran, Gender, Ham, Kebijakan Publik dan lain- lain dengan memperhatikan 20% peserta dari unsur Perempuan.

Workshop dengan tema ”Peningkatan Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Pembangunan Daerah Jawa Timur Tahun 2013 Melalui Forum Koordinasi Pemangku Kepentingan”  tersebut akan dibuka oleh Gubernur Jawa timur, Soekarwo. Maksum