Magetan- Petani Organik Magetan yang tergabung dalam Komunitas organik, Mendapatkan Kesempatan Menyampaikan paparan tentang peluang dan manfaat bercocok tanam Organik di kabupaten Ponorogo.Kesempatan tersebut diperoleh dari   Griya Aspirasi EBY Kabupaten Ponorogo yang sengaja Mengundang Komunitas Organik magetan dikarenakan telah berhasil mengembangkan Pupuk Organik sendiri.

Momen pertemuan  antar kelompok  petani  lintas Kabupaten tersebut, dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Margo Rukun Desa tegal Ombo Kecamatan Kauman kabupaten Ponorogo untuk saling bertukar Pikiran seputar permasalahan- Permasalahan Pertanian, seperti permasalahan Lahan Pertanian Yang saat ini semakin hari semakin sulit untuk meningkatkan kualitas hasil Pertaniannya.

Kepala Desa Tegal Ombo, Puryanto mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Oleh Griya Aspirasi EBY ini, dengan pertemuan tersebut akan menghasilkan pengetahuan baru di Bidang tehnologi Pertanian di Desanya terutama masalah Pola Organik yang di tawarkan oleh Petani Organik magetan.(16/4/13)

“ sangat Bagus Program seperti ini, dan bisa kita tingkatkan lagi mas kegiatan- kegiatan seperti ini, mudah- mudahan pihak Griya Aspirasi EBY mau mendampnginya, demikan Juga Komunitas Organik Magetan, mudah- mudahan kami segera Bisa menerapkan pola Organik ini di Desa kami, dengan Begitu pola Pupuk Kimia secara tidak langsung nanti bisa Kita tinggalkan, setelah tahu efek jangka Panjang dari penggunaan Pupuk Kimia tersebut” jelas Puryanto. 

Komunitas Organik Magetan dalam kesempatan itu melalui Pembinanya Toyo, menjelaskan bagaimana Efek Jangka Panjang dalam penggunaan Pupuk Kimia secara terus menerus, yang mengakibatkan tanah menjadi mengeras(bantat), dan lama kelamaan hasil pertanianpun menjadi berkurang,  saat ini sudah saatnya para Petani mulai memikirkan untuk mengembalikan Kesuburan tanah deangan mulai beralih ke pola pertanian Organik. Pola Organik adalah kegiatan dalam pertanian yang memanfaatkan alam sekitar sebagai Pendukungnya, seperti jadi Pupuk, jadi pembasmi hama tanaman dan menjadi penyubur Tanah.

“ nanti akan kami tunjukkan Media pembuatan Pupuk cair Organik dan Pupuk Organiknya sekalian cara pembuatannya, kami berharap agar kelompok tani margo Rukun menjadi Pioner di kabupaten Ponorogo dalam pertanian Organik dan segera punya kelompok tani Organik seperti Magetan” terangnya Toyo.

Seperti diketahui, Kelompok tani atau Komunitas Organik Magetan dibawah Pembinaan Griya Aspirasi EBY Kabupaten Magetan. Komunitas Organik magetan berawal saat Griya EBY Magetan memberikan Bantuan sedikit Uang untuk dibelikan peralatan Drum Composer( media pembuatan Pupuk cair Organik) kepada sejumlah petani yang ingin mengembangkan Organik di Magetan, selanjutnya dari pemberian bantuan tersebut akhirnnya Toyo, selaku Pembina saat itu langsung memberanikan diri mengundang sejumlah Kelompok tani perwakilan di 18 Kecamatan se magetan untuk mendeklarasikan Komunitas Organiknya, sampai akhirnya saat ini sebagian besar bergabung di dalamnya. Maksum