Magetan- Perwakilan Blogerr Magetan, pada Minggu Kemarin(10-13/5/13) mendapatkan Kesempatan Menghadiri Asean Blogger Festival (ABF) Indonesia 2013. Ada 4 orang yg mewakili dari Blogger Magetan yaitu dari PSC ( Pring Sedhapur Club ) Magetan yang merupakan Komunitas dari blogger se-Magetan. Acara akbar bagi para blogger (penulis dalam blog, red) se-Asia Tenggara yakni Asean Blogger Festival (ABF) Indonesia 2013, digelar di Kota Solo selama tiga, hari, mulai Jumat(10/5/13 sampai minggu 13/5/13).

Menurut Ketua Panitia ABF Indonesia 2013, Novianto PR, acara tersebut digelar guna menyambut terbentuknya Komunitas Asean 2015. ABF sendiri merupakan pertemuan bloger-blogger dari seluruh negara anggota ASEAN, yang terdiri 50 blogger dari berbagai negara dan 200 blogger dari berbagai penjuru Nusantara.

“Keberadaan komunitas ini, berpotensi meningkatkan berbagai aspek. Seperti sosial, ekonomi dan budaya,” Jelasnya.

Kegiatan ABF yang difasilitasi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan didukung Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Pemkot Surakarta itu, akan diisi berbagai kegiatan. Misalnya seminar, pertukaran informasi, diskusi, pembahasan rencana aksi komunitas, pameran, cultural performance, kompetisi hingga festival makanan, sedangkan tema pada pelaksanaan ABF ” Reinventing the Spirit of Cultural Heritage in Southeast Asia”.

Pemilihan tema itu bertujuan untuk menemukan kembali ruh atau akar budaya warga bangsa Asean sebagai peninggalan nenek moyang. Secara khusus, yang membuka acara itu, diantaranya Sekretaris Kabinet, Dirjen Kerjasama Asean, Kemenlu dan Kementerian Kominfo.

Wakil Ketua Panitia ABF, Blontank Poer menambahkan, ABF yang dideklarasikan di Jakarta ada 10 Mei 2011 lalu itu, diharapkan mampu mendukung proses integrasi berpusat pada rakyat Asean. Bahkan komunitas lingkup antar negera itu, mampu memberikan ide dan masukan bagi pemerintah.

“Maka itu dengan gelaran ABF yang resmi dibuka pukul 09.00 di Kusuma Sahid Pricne Hotel Jalan Sugiyapranata tersebut, bisa mewujudkan terbentuknya Komunitas Asean 2015,” jelasnya. Maksum