PONOROGO – Langkah nyata ditunjukan jajaran TNI di Kodim 0802/Ponorogo dalam mencintai alam. Pasalnya pada Kamis (29/12/2016) pagi bertempat di Dusun Malang Jajar, Desa Lembah, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, jajaran Kodim 0802/Ponorogo mengikuti acara penghijauan yang mengambil tema Kendurian Sedekah Bumi, Penghijauan dan Pencanangan Refugia (Bunga-Bungaan Pengendali Hama) oleh para petani sebagai penanggung jawab Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE selaku Komandan Kodim 0802/Ponorogo dan diikuti sekitar 500 orang.
Selain dihadiri Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE, acara juga dihadiri oleh Danramil 03 Babadan Kapten Inf Rubianto, Anggota Komisi B DPRD Ponorogo Agung Priyanto, Kepala UPTD Kecamatan Babadan yang di wakili oleh Kepala BPP Yosoef Sugiarto, Ketua Persit Kartika Candra Kirana beserta Perwakilan Ibu Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0802/Ponorogo, Ketua Kelompok Tani Wanita Harapan Kecamatan Babadan Endang, Seluruh Masyarakat Desa Lembah beserta Murid SDN Lembah dan Kepala Desa Lembah Anton beseta Ketua RT dan Tokoh Agama.
Pada kesempatan itu Kepala Desa Lembah, Anton menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0802/Ponorogo. “Kami juga berterimakasih atas bantuan yang diberikan cukup banyak dan bisa bermanfaat karena hasilnya bisa untuk penambahan peningkatan di Desa Lembah ini,” kata Anton.
Dia menjelaskan bahwa kegiatan selamatan sedeka bumi merupakan rasa syukur masyarakat dan petani. “Harapan kami bisa kita rasakan untuk generasi penerus giat ini kita jaga bersama sama untuk kemajuan di Desa Lembah ini,” tambahnya.
Sedangkan Kepala BPP Kecamatan Babadan Ponorogo, Yoesoef Sugiarto yang intinya memaparkan jika pada tahun 2017 harus berhasil sukses dan kita semua bangga Ponorogo telah berhasil dalam rangka Pertanian semakin maju. “Untuk tahun ini Alhamdulilah Tanaman tidak di serang Hama,” terang Yoesoef.
Sementara itu Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE mengaku bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa dimana sepanjang tahun kita semua bisa berganti tanaman dab bersyukur panen berlimpah luah. “Dimana tanama Refugian adalah untuk mencegah tanaman yang kena hama dan setiap hari kami melaporkan untuk giat Pertanian dimana kami juga di tuntut menjadi Prajurit Profesional,” tegas Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE.
Pihaknya juga memaparkan bahaya laten Komunis. “Komunis jangan sampai tumbuh kembali mari kita perkuat Persatuan dan Kesatuan di negara ini,” ungkapnya.
Anggota Komisi B DPRD Ponorogo, Agung Priyanto minta petani selalu menjaga pekarangan biar sehat. “Mari kita jaga bersama untuk menjaga kelestarian Tanaman di Desa Lembah ini biar untuk Ponorogo menjadi kota yang maju dan Religius,” ujar Agung.
Pada kesempatan itu juga secara simbolis diserahkan Pot kepada Ibu Ketua Kartika Candra Kirana 0802/Ponorogo. Sedangkan acara Kendurian Sedekah Bumi dilanjutkan doa oleh Sawal dari desa Lembah. (MNC)