Magetan (edhiebaskoro.com)– Pelaksanaan pemilu legislative 2014 semakin dekat. Menyusul dengan jadwal kampanye terbuka yang akan dimulai tanggal 16 Maret ini. Meski “kampanye” baru dimulai tanggal 16 Maret, namun para calon legislative tingkat kabupaten hingga tingkat pusat telah “mengkampanyekan” dirinya. Hampir semua sudut sudut keramaian strategis hingga pedesaan terpampang poster poster caleg dengan berbagai ukuran.

Tak  heran dengan banyaknya gambar gambar caleg ini dicopot petugas Satpol PP. Karena ditengarai tidak memiliki ijin pasang dan salah penempatan. Kondisi ini menurut Panwaslu Kabupaten Magetan diakibatkan karena tidak adanya koordinasi dan komunikasi yang baik antara parpol dengan calegnya. “ Menurut undang undang, peserta pemilu adalah partai politik. Bukan pribadi pribadi para caleg. Jadi seharusnya parpollah yang harus mengendalikan calegnya,” terang Joko Siswanto Ketua Panwaslu Kabupaten Magetan.  Artinya, semua aturan main dalam pileg sudah jelas aturannya. Dan itu sudah disosialisasikan kepada parpol . Maka menjadi tugas parpol untuk mensosialisasikan kepada calegnya. Sehingga setidaknya,untuk pasang gambar  para caleg tidak asal pasang  disembarang tempat. Apalagi diwilayah kota yang harus mengikuti peraturan daerah. Wilayah mana saja yang bisa ditempati untuk banner atau baliho itu ada aturan dan klasifikasinya.  “ Melihat kondisi seperti ini, rasanya tidak ada koordinasi yang baik antara parpol dengan calegnya,” tambah Joko Siswanto.

Mendekati hari H pelaksanaan kampanye terbuka, hingga tanggal 9 Aril mendatang pihaknya berharap  parpol maupun caleg semakin mentaati aturan main yang ada. Sehingga bisa meminimalisir pelanggaran pelanggaran yang ada. Prinsip mengedepankan azas pemilu yang luber dan jurdil benar benar bisa diterapkan. Bahwa semua caleg ingin menang dan terpilih itu adalah manusiawi. “ Tetapi kita tentu berharap dengan tidak melanggar aturan aturan yang ada,” tandas Joko Siswanto.

Sementara untuk lebih  mempersiapkan diri Panwaskab, panwascam dan Pengawas Lapangan se Magetan mengadakan apel kesiapan, Minggu 9 Maret kemarin. Bertempat di GOR Ki Mageti, acara apel kesiapan dihadiri Bupati Magetan Sumantri dan Ketua Bawaslu Jatim,  Sufiyanto. (Maksum Khoiri)