Selain memperingati Hari Jadi Ngawi ke-568, jalan sehat unik, dimana pesertanya wajib mengenakan sarung yang dimotori Pemkab Ngawi bersama Bank Jatim, juga untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke 71. Jumlah pesertanya mencapai 55.658, sekaligus memecahkan rekor MURI, yang sebelumnya dicetak Pemkot Pasuruan bersama PB NU Jawa Timur tahun 2015 lalu dengan jumlah 33.750.

“Tentunya dengan ini, adalah sebagai momentum untuk memperkenalkan Kabupaten Ngawi ini menuju tahun wisata 2017,” Ujara Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi. 
Masih menurutnya, dengan jalan sehat dengan mengenakan bersarung ini diharapkan bisa menjadi perhatian masyarakat seluruh Indonesia termasuk dunia. 
“Namun yang paling terpenting bagaimana memperlihatkan kerukunan warga Ngawi ini yang begitu menjunjung tinggi nilai kebersamaan,” tambah dia.
Ditempat yang sama, jalan sehat yang juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, kedepan bisa berdampak langsung terhadap peningkatan perekonomian.
“Jalan sehat ini sangat luar biasa dan tentang sarung ini bisa dimaknai secara luas terutama memperlihatkan identitas Indonesia sekaligus memperkenalkan keragaman budaya,” terang Gus Ipul.