Trenggalek – Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur meraih penghargaan piala Adipura tahun 2012 untuk kategori kota kecil. Kabag Humas Pemkab Trenggalek, Yuli Priyanto dikutip situs antaranews, mengatakan untuk menyambut prestasi tersebut, pemkab Trenggalek berencana menggelar kirab adipura mulai perbatasan Trenggalek – Tulungagung hingga pendopo kabupaten. “Kemungkinan akan kami laksanakan Kamis pagi, hal ini sekaligus untuk memberikan kebanggaan kepada seluruh masyarkat, meskipun sebagai kota kecil kita berasil mendapatkan adipura,” katanya.

Yuli menambahkan, upaya merebut kembali piala adipura tersebut, telah dipersiapkan sejak setahun tarakhir, di antaranya dengan membentuk satuan tugas (satgas) adipura, pengadaan tempat sampah di sepanjang jalan protokol, serta pelestarian alun-alun sebagai paru-paru kota. “Selain itu kami juga terus meningkatkan kebersihan dan mempercantik taman-taman terutama yang ada di kawasan kecamatan Trenggalek,” katanya.

Pihaknya berharap apa yang sudah dicapai kabupaten dengan slogan “berteman hati” ini mampu dipertahankan dan dilestarikan, sehingga mampu meraih piala adipura kembali pada tahun-tahun berikutnya. Selama sepuluh tahun terakhir, Kabupaten Trenggalek telah meraih tiga kali penghargaan adipura, yakni tahun 2008, 2010 dan 2012. **