Pacitan – Untuk kelima kalinya, Kabupaten Pacitan meraih penghargaan Piala Adipura. Supremasi tertinggi bidang kebersihan ini diberikan pemerintah pusat atas upaya Kota 1001 Goa menciptakan kawasan bersih dengan pengelolaan sampah yang baik dengan klasifikasi kota kecil.


Dikutip situs pemkab Pacitan, Bupati Indartato menyampaikan rasa terima kasih kepada semua elemen masyarakat atas kerja keras selama ini. Prestasi tersebut harus terus dipertahankan untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi, yakni Adipura Kencana.

 

Indartato menekankan agar kebiasaaan menjaga lingkungan yang bersih ini dimulai sejak dini. Peneladanan adalah cara efektif  untuk mengajak anak-anak menjaga kebersihan. Termasuk jajaran PNS agar menjadi contoh bagi masyarakat. Sejauh ini pemkab telah melakukan berbagai upaya untuk membudayakan hidub bersih. Seperti penyuluhan dan sosialisasi, juga memperbanyak fasilitas-fasilitas umum pembuangan sampah, baik untuk sampah organik maupun unorganik.

 

Sekretaris Daerah Pacitan Ir. Mulyono mengatakan, secara resmi penghargaan akan diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Jakarta, 5 Juni 2012 (hari ini, red). “Rencananya nanti setiba diperbatasan Pacitan, Piala Adipura akan dikirab menuju pendopo kabupaten,” ungkap Mulyono.

 

Prosesi arak-arakan kali ini tak jauh beda dengan  tahun sebelumnya. Piala adipura akan dibawa secara estafet oleh camat dan kepala desa yang dilewati. Start dari Perbatasan di Desa Cemeng Kec. Donorojo – Kec punung – kec Pringkuku – Sedeng – Bangunsari – Sumberharjo – Pucangsewu – Sambong – Ponggok – Semanten – Widoro – Nanggungan – Tanjungsari – Arjowinangun – Menadi – Mentoro – Kayen – Sirnoboyo – Baleharjo – Ploso – Sidoharjo dan berakhir di Pendapa Kabupaten Pacitan.  “Setibanya di alun-alun, Piala Adipura dibawa pasukan kuning penjaga kebersihan untuk diserahkan kepada Bupati,” ujarnya.

 

Dengan diraihnya Adipura untuk kelima  kalinya, lanjut Mulyono, Kabupaten Pacitan tinggal selangkah  lagi menuju kompetisi yang lebih tinggi, yakni Adipura Kencana. “Kita berharap peran aktif semua pihak untuk menjaga kebersihan dilingkungannya masing-masing, agar supremasi Adipura Kencana bisa kita raih,” pungkas Mulyono.


Beberapa titik yang masih menjadi atensi kebersihan adalah, tempat-tempat umum, lingkungan pemukiman, pasar dan tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Menurut rencana piala Adipura yang akan tiba di Pacitan Rabu (6/6), akan langsung dikirab keliling kota Pacitan. **