Pacitan-Untuk ketiga kalinya kabupaten Pacitan menyabet penghargaan bergensi tingkat nasional sebagai penyelenggara pemerintahan daerah terbaik. Anugerah bagi kota Seribu Satu Goa ini diterimakan langsung kepada bupati Pacitan Indartato oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam peringatan hari Otonomi Daerah XVII di Jakarta, Kamis (25/4).
Dari sepuluh besar yang masuk nominasi, kabupaten Pacitan berada di peringkat empat terbaik Se Indonesia. Peringkat pertama diraih oleh Kabupaten Tuban, Disusul Tulungagung serta Jombang di peringkat tiga.
Bupati Pacitan Indartato tampak bahagia menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, ini merupakan buah dari kerja semua pihak dan berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan. Bahkan semakin tahun semakin meningkat. Dengan kinerja yang baik maka pelayanan semakin bisa dirasakan masyarakat.Penentuan peringkat ini sendiri merupakan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap LPPD 2011.
Prestasi Pacitan dalam tiga tahun terakhir dalam bidang penyelenggaraan pemerintahan cukup membanggakan. Tahun pertama kabupaten diujung selatan Jawa Timur ini meraih peringkat empat. Sempat turun ke peringkat delapan ditahun berikutnya akhirnya kembali meraih peringkat ke empat di tahun ketiganya.
Selain penganugerahan terhadap penyelenggara pemerintahan daerah juga diserahkan penghargaan bagi sepuluh kota berkinerja terbaik. Tiga peringkat atas adalah Kota Tangerang, Madiun dan Yogjakarta. Sementara tiga Provinsi dengan kinerja terbaik adalah Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.
Sementara itu, menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Djohermansyah Djohan penghargaan diberikan setelah Kemendagri mengevaluasi Laporan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2012.
“Setelah menilai berdasarkan sejumlah paramater penyelenggaraan pemerintah daerah (Pemda) dan pelayanan publik yang ada, Jawa Timur dinilai memiliki kinerja terbaik,” ujarnya pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XVII yang digelar di Jakarta, Kamis (25/4).
Setelah Jatim, di urutan kedua dan ketiga terdapat Provinsi Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.
Selain penghargaan terhadap provinsi, dalam kesempatan kali ini Kemendagri juga mengumumkan 10 kabupaten dan 10 kota yang juga dinilai memiliki kinerja terbaik. Untuk kabupten masing-masing Tuban, Tulungagung, Jombang, Pacitan, Purbalingga Semarang, Enrekang, Sleman, Jepara dan Humbang Hasundutan.
Sementara untuk Kota masing-masing Tangerang, Madiun, Yogyakarta, Depok, Medan, Cimahi, Surakarta, Mojokerto, Tegal dan Sawahlunto.
Daerah-daerah tersebut berkinerja terbaik dari total 538 daerah otonom yang ada di Indonesia, yang terdiri dari 34 provinsi, 411 kabupaten dan 93 kota. (frend Mashudi)