PONOROGO – Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan insan pers baik wartawan cetak maupun elektronik di Kabupaten Ponorogo, Komandan Kodim 0802/Ponorogo mengadakan  silaturahmi bersama dengan insan pers se-Kabupaten Ponorogo di Balai Prajurit Kodim 0802 Ponorogo, Rabu (27/1).

    Dandim 0802 Letkol Inf Slamet Sarjianto, SE  dalam sambutannya mengatakan pihaknya merasa bangga bisa bertemu dengan rekan-rekan wartawan dan Kodim ingin terjadi silaturahmi lebih dekat lagi dengan insan pers di Kabupaten Ponorogo sehingga  ke depan  lebih harmonis. “Hikmah dari silaturahmi diharapkan apabila terjadi gesekan-gesekan antara anggota Kodim dengan rekan-rekan wartawan disampaikan langsung kepada dirinya agar cepat diselesaikan,” tutur Letkol Inf Slamet sarjianto, SE.

    Dia juga mengatakan keberadaan Kodim ini implikasi ke masyarakat sekitar harus ada, tanpa ada publikasi dari rekan-rekan media kegiatan tidak akan diketahui masyarakat. “Diharapkan ke depannya lebih terjalin komunikasi yang baik antara insan Pers dengan Kodim 0802,” tambahnya.

    Lebih jelas dia mengatakan ada tugas yang sama yang diemban personel TNI dan wartawan, yaitu mendidik serta membina masyarakat untuk cerdas menyikapi perkembangan zaman. Dia berharap para wartawan  mempunyai semangat untuk mengajak masyarakat Indonesia memahami hukum serta mempunyai kesadaran untuk bisa bela negara. “Masyarakat harus bisa didorong untuk mandiri. Saya dengan kalian mempunyai tugas yang sama, yakni mendidikan dan membina masyarakat menjadi pintar dan cerdas menyikapi perkembangan zaman,” jelasnya.

   Sesepuh Komunitas Wartawan Ponorogo (KWP),  Supriyadi  mengatakan pihaknya mengapresiasi  acara silaturahmi dan kemitraan dengan Kodim 0802 ini. “Selain dengan Kodim kami juga bermitra dengan instansi pemerintahan yang lain. Diharapkan dengan adanya kemitraan tersebut ada sikap saling menghargai profesi masing-masing agar tidak terjadi kesalahpahaman. Tentunya kami baik awak media cetak, televisi maupun online berusaha bekerja secara professional sesuai dengan pedoman pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” papar Supriyadi, jurnalis sebuah koran lokal di Ponorogo ini.

    Pihaknya juga menyambut baik silaturahmi antara Dandim dengan para jurnalis yang biasa liputan di wilayah Ponorogo. Dia  berharap agar ada kemudahan akses informasi baik ketika liputan kegiatan maupun ketika awak media membutuhkan klarifikasi. “Ada semacam simbiosis mutualisme antara kami awak media dengan mitra kerja dimana kita membutuhkan berita dan mitra kerja, contoh dalam hal ini instansi Kodim, membutuhkan publikasi. Untuk itu jalinan kerjasama dengan adanya kemudahan mengakses informasi akan sangat kami apresiasi,” tambahnya. Acara dihadiri oleh 60 orang jurnalis se-Kabupaten Ponorogo, para Danramil se-Wilayah Kodim 0802/Ponorogo serta jajaran Kodim 0802/Ponorogo. (MUH NURCHOLIS)