Ngawi- Keterlambatan pengirimasan soal khusus mata ajar Teori Kejuruan sempat memunculkan kekhawatiran siswa yang tengah mengikuti pelaksanaan ujian Nasional hari kedua di Kabupaten Ngawi. Isu ini beredar di kalangan siswa dan siswi  SMK yang tengah mengerjakan soal ujian hari kedua yakni bahasa Inggris. Para siswa mengaku kekawatiran ujian tidak dapat berlangsung  dan kelulusan menjadi tertunda.(17/4).   

Dari informasi edhiebaskoro.com, mata ajar teori kejuruan ini memang  awalnya tidak masuk dalam daftar  soal ujian nasional  karena setiap sekolah berbeda – beda kejuruan yang diambil, sehingga perlu penyeragaman.

Diungkapkan oleh Untung Wibowo selaku  kasi pengamanan soal Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi  usai mengecek soal dan lembar jawaban di Mapolres Ngawi, memang untuk soal ujian SMK sedikit terlambat  dari pengiriman namun hal itu tidak menjadi permasalahan yang berarti karena soal teori kejuruan sudah tiba kemarin dan sudah bisa diujikan pada hari kamis seperti yang  dijadwalkan. ”bukannya tidak ada, tapi hanya terlambat pengiriman saja” ungkapnya.

Untung menegaskan, sampai hari kedua pelaksanaan Ujian Nasioal di kabupaten Ngawi berjalan dengan lancar. Saat ini soal maupun lembar jawaban yang sudah diisi oleh oleh pelajar se kabupaten Ngawi  telah di terima oleh panitia dan siap di kirimkan ke ITS sebagai pihak ketiga yang mencocokkan lembar jawaban ujian nasional Ngawi. ”Untuk SMK soal dan lembar jawaban sudah tidak ada masalah yang berarti” tegasnya. Ardian