PACITAN-Pengembangan pariwisata di kabupaten Pacitan selama ini masih terpusat di kawasan Pacitan barat. Sementara, kawasan Pacitan timur belum sepenuhnya tergali. Padahal, obyek wisata yang ada tidak kalah menarik jika terkelola dengan baik
Berdasar fakta inilah, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan akan membagi fokus perhatian ke wialayah timur. Sehingga kedepan, ketenaranya akan mengimbangi kawasan Pacitan barat.
upati Pacitan Indartato mengatakan, untuk menjadikan kawasan timur sebagai destinasi wisatawan maka infrastruktur harus terpenuhi. Terutama, akses jalan menuju obyek wisata.
“Pacitan sekarang sudah terbuka. Apalagi, adanya JLS obyek obyek wisata akan semakin dikenal,” Katanya.
Tidak dipungkiri, terbukanya jalur lintas selatan membuat panorama pantai-pantai di Pacitan semakin terkenal. Terlebih, jalur nasional itu melewati bentang pantai pesisir selatan, mulai Kecamatan Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Kebonagung dan Pacitan kota.
Indahnya obyek wisata dikawasan Pacitan timur kini mulai menjadi destinasi baru bagi wisatawan. Seperti disampaikan camat Tulakan, Erwin Andriatmoko, dipantai pidakan, Dusun Godek Kulon Desa Jetak, selama libur natal, tahun baru dan libur sekolah lalu kunjungan wisatawan meningkat tajam. Bahkan, pendapatanya mencapai lebih dari Rp.100 juta.
Selain Pantai pidakan di Kecamatan Tulakan, obyek wisata yang mulai dikelola serius adalah Pantai Taman Kecamatan Ngadirojo. Selain keindahan Pantainya terdapat juga arena Flying Fox serta pusat penangkaran Penyu hijau. Menurut catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pacitan, sepanjang tahun 2015 jumlah kunjungan yang berwisata ke Pacitan mencapai 1,5 juta pengunjung. (frend)