Pacitan – Anggota DPR RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono, yang biasa disapa Ibas, memberikan bantuan dua belas ton benih padi dan tiga unit Hand Traktor kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Pacitan. “Semoga bantuan benih padi dan alat pertanian ini dapat meningkatkan produktifitas kelompok tani di Pacitan ini,” harap Ibas. Bantuan tersebut diserahkan politisi muda ini saat menghadiri acara Panen Raya di Desa Kebun Agung, Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan, Sabtu (14/7).

 

Selain Panen Raya bersama, Ibas juga menjadi nara sumber dialog interaktif pertanian yang mengusung tema “Pemberdayaan Petani Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional”.  Nara sumber lain dalam Dialog tersebut adalah Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, Bupati Pacitan, Indartanto, dan Ketua KTNA Nasional, Winarno Thohir.

 

Pada kesempatan ini, Ibas berharap, kegiatan Panen Raya di Pacitan ini dapat memotivasi para petani setempat agar semakin produktif dan memberikan kontribusi  nyata dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional seperti yang sedang diprioritaskan pemerintah di bidang pertanian.

 

“Saya mendukung upaya pemerintah untuk memenuhi target swamsebada beras dengan cadangan 10 juta ton. Target itu sangat memungkinkan tercapai, karena panen masih akan terus berlangsung di berbagai daerah di wilayah Indonesia,” terang Ibas. 

 

Ibas optimis, target lainnya di bidang pertanian seperti diversifikasi pangan, peningkatan daya saing pertanian dan peningkatan ekspor hasil pertanian dapat segera terwujud. “Dan yang paling penting menurut saya terkait target peningkatan kesejahteraan untuk petani. Ini penting, karena jika petani kita sejahtera, maka sejumlah besar masyarakat Indonesia juga akan terangkat perekonomiannya,” tambah politisi Partai Demokrat ini.

 

Menurut Ibas, salah satu strategi untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional adalah melalui intensifikasi produktivitas pangan nasional. Ditambahkannya, penggunaan obat-obatan organik serta implementasi program pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kabupaten Pacitan bisa menjadi contoh untuk diterapkan di wilayah lain.

 

Ibas juga menghimbau dinas-dinas di daerah bersama jajarannya agar proaktif dalam membantu petani mengakses berbagai skim pembiayaan bidang pertanian yang telah diprogramkan pemerintah. “Program Usaha Agrisbisnis Pertanian (PUAP), Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS), Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-R), serta program-program pertanian yang secara berkelanjutan terus digalakkan pemerintah. Kita harus meksimalkan program itu,” terang Ibas.

 

Dialog Interaktif di pacitanSekretaris Jenderal Partai Demokrat ini menilai, pembangunan pertanian merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang patut mendapatkan dukungan semua pihak. “Untuk mewujudkan tujuan, triple track strategy pembangunan nasional, yaitu pro growth, pro job, dan pro poorharus kita dukung bersama ”, jelas Ibas.

 

Masih di lokasi yang sama, Ibas juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah kabupaten Pacitan yang telah banyak memberikan bantuan dan dukungannya kepada para petani di Pacitan untuk mendorong peningkatan produktifitas petani “Saya harap, panen ini dapat memenuhi kebutuhan dan ketersedian beras menjelang bulan puasa minggu depan,” ucap Ibas.