Manggarai Barat – Wakil Ketua Umum KADIN bidang pariwisata dan olahraga, Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan Sail Komodo 2013 menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan keunikan pariwisata Pulau Komodo. Hal ini disampaikan Ibas sapaan akrabnya saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono menghadiri peresmian puncak pembukaan Sail Komodo 2013 yang dipusatkan di Pantai Pede, Kecamatan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

“Sail Komodo 2013 menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi wisata dan keragaman ekosistem Pulau Komodo. Ini penting agar kejayaan bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang paling kaya dengan keanekaragaman hayatinya bisa semaksimal mungkin kita capai,”ujar Pria yang akrab disapa Ibas ini di Peresmian pembukaan  Sail Komodo 2013, Sabtu (14/09/2013).

 
Ibas menambahkan bahwa dengan keunikan Pulau Komodo, dunia pariwisata Indonesia memiliki peluang yang besar sebagai negara dengan tujuan wisata utama dunia. “Kita bangga memiliki kekayaan objek wisata Pulau Komodo yang berkualitas internasional dengan keunikan satu-satunya di dunia. Keajaiban ini sudah seharusnya kita manfaatkan karena ini peluang yang sangat besar ,”jelas Ibas.
 
“Harapan saya, kebanggaan kita semua agar potensi Pulau Komodo dan segenap potensi sumber daya alamnya dapat dimanfaatkan secara optimal, dengan tetap menjaga aspek lingkungan dan kelestariannya. Menjaga keseimbangan lingkungan, merupakan bentuk tanggung jawab kita semua, pemerintah bersama masyarakat, khususnya masyarakat di daerah ini,”pesannya.