Trenggalek – Upaya pengelolaan dan pemanfaatan hutan rakyat mendapat perhatian serius dari Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono.  Dalam kesempatan kunjungannya ke kabupaten Trenggalek, Ibas mengatakan terbentuknya Lembaga Masyarakat  Desa Hutan (LMDH) merupakan amanat undang-undang   yang  bertujuan meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat melalui berbagai pendekatan partisipatif.

 

“Kita harus lebih arif dalam memanfaatkan sumber daya hutan agar kelestarian lingkungan tetap terjaga, agar ekosistem tetap terjaga keseimbangannya,” ungkap Ibas saat bertemu dengan kelompok LMDH desa Munjungan, di kawasan Pantai Blado. Kecamatan Munjungan. (9/1/2014)

 

Menurutnya, pemanfaatan sumber daya hutan secara bijak akan memberikan dampak positif dan ekonomis terhadap perekonomian masyarakat. “Upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui kelompok LMDH ini tidak pernah berhenti dilakukan oleh pemerintah melalui beragam inovasi kebijakan dan program, seperti program Kebun bibit Rakyat (KBR),” imbuhnya.

 

Sebagai bentuk dukungan dan partisipasinya dalam kesempatan pertemuan dengan kelompok LMDH Munjungan ini, Ibas menyerahkan bantuan bibit cengkeh kepada masyarakat Munjungan. “Wilayah Munjungan dikenal dengan hasil kebun cengkehnya, semoga bantuan bibit ini bermanfaat bagi masyarakat,” tukasnya.

 

Selain bertemu dengan kelompok LMDH, dalam kesempatan tersebut Ibas juga bertemu dengan nelayan Munjungan.