Pacitan – Anggota DPR RI Dari Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas menyampaikan rasa optimis kaum muda sebagai generasi penerus bangsa siap hadapi tantangan modernisasi dengan menjaga nilai-nilai kebangsaan. Hal ini dikatakan Ibas saat membawakan materi sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara di Aula Hotel Gajah Mada Ponorogo, 11/7/2015. 

 

“Tantangan dan solusi Demokrasi PancasilaDi era modernisasi ini, kaum muda harus berhadapan dengan arus modernisasi, di mana keterbukaan informasi dapat diakses dari berbagai media dengan mudah sehingga dapat membentuk persepsi, sikap dan prilaku. Namun saya optimis, masyarakat Ponorogo, khususnya kaum muda siap hadapi tantangan ini,” ujar Ketua Fraksi FPD ini membawakan materi sosialisasi yang berjudul, 

Tantangan dan solusi Demokrasi Pancasila ini. 

 

“Kaum muda perlu mendapat atensi terkait pemahaman kebangsaan karena anak muda sebagai generasi penerus bangsa harus menjaga nilai-nilai kebangsaan terus tumbuh,” ujar Ibas. 

 

Agenda sosialisasi 4 Pilar, mengambil tema “Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara”. 

 

Ditambahkan Ibas, sosialisasi pemahaman kehidupan berbangsa dan bernegara sangat penting untuk menumbuhkembangkan semangat persatuan, cinta tanah air dan menjaga kedaulatan bangsa.”Sebab perjuangan di era reformasi ini semakin banyak tantangan dan persoalan bangsa. Dengan semangat kebersamaan seharusnya tantangan yang dihadapi bangsa bisa dilalui,” terangnya. 

 

Ibas juga menjelaskan, sesuai amanah UU No. 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, maka dirinya sebagai wakil rakyat diberi tugas oleh negara untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk pada ormas-ormas di Ponorogo.