PONOROGO – Ajakan untuk melestarikan kesenian asli Ponorogo tersebut disampaikan oleh Ibas, panggilan akrab Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat berkunjung ke kota kelahiran kesenian Reyog selama dua hari, Rabu dan Kamis (11-12/5).
    Suami dari Aliya ini mengaku bangga dengan semangat masyarakat Ponorogo dalam melestarikan seni budaya. Lebih terharunya lagi Ibas ternyata  beberapa seni budaya asli Ponorogo, mulai Reyog, Jaranan Thek, Unto-Untoan, Gajah-Gajahan, Karawitan, dan sebagainya masih ada hingga kini.
    Ini dibuktikan dengan tampilnya berbagai seni budaya saat reses selama dua hari tersebut. “Alhamdulillah kita semua masih bisa melestarikan warisan budaya ini,” ungkap Ibas disela-sela berkunjung meninjau kegiatan UKM di Kelurahan Brotonegaran, Kecamatan/Kabupaten
Ponorogo, Kamis (12/5).
    Saat itu kedatangan Ibas di Brotonegaran didampingi Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Pimpinan DPRD dan Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Ponorogo idisambut Reyog dan Jathilan.
“Kesenian budaya harus kita uri-uri (lestarikan), kalau tidak tentu generasi muda tidak tau seni budaya bangsa,” paparnya. (mnc)