Pacitan – Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono tak hanya memanfaatkan waktunya di Pacitan dengan berkuliner. Dirinya juga dengan gembira menikmati klothekan lesung bersama Pak SBY dan Bu Ani yang dimainkan oleh para seniman tradisional Pacitan. “Pagelaran kothekan lesung di Pacitan ini tentu sangat menarik bagi saya, Pak SBY dan juga Ibu Ani. 

 

Kothekan lesung yang identik dengan masyarakat agraris memang menggambarkan kondisi dan keragaman masyarakat pacitan. Saya merasa sangat adem ketika mendengarkannya,”jelas pria yang akrab disapa Ibas tersebut  di Alun-Alun Pacitan (Selasa, 10 Maret 2015).

Klothekan Lesung 

Ibas juga berkata bahwa dirinya tertarik dengan nilai-nilai yang terkandung dalam seni tradisional tersebut. “Kesenian ini selain menggambarkan aktivitas keseharian masyarakat pacitan sebagai petani, juga menyampaikan pesan yang dalam di mana kebersamaan dan harmonisasi yang diciptakan oleh masyarakat pacitan senantiasa terus terjaga. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Saya dan pastinya masyarakat Pacitan,”ungkapnya saat menonton pagelaran seni bersama Bupati Pacitan, Indartato.

 

Dengan adanya kesenian-kesenian tradisional ini, Ibas berharap agar nila filosofi yang terkandung didalamnya dapat terus menjadi panutan bagi masyarakat Pacitan. “Ini bisa menjadi bagian secara terus menerus untuk masyarakat pacitan untuk terus hidup berdampingan secara damai, aman, dan sejahtera secara bersama-sama,” jelas anggota DPR RI Komisi X ini.

 

Selain itu Ibas melanjutkan bahwa nilai-nilai seni dan budaya tradisional yang terus dilestarikan sejak masa presiden sby menjabat, dapat terus terjaga. “Kita berharap, upaya untuk menjaga kekayaan budaya bangsa ini dapat terus dilanjutkan oleh pemerintahan yang baru ini, tentunya dengan dukungan kita semua masyarakat pecinta seni dan budaya,”tutupnya.