NGAWI _Untuk mengatasi terjadinya krisis multidimensi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, anggota Komisi X DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan dibeberapa daerah masuk Dapil VII Jawa Timur seperti Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan dan Ngawi.

Seperti kunjunganya di Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, Ibas, meyakini eksistensi Negara Republik Indonesia (NKRI) sudah semakin kokoh. Keyakinan tersebut adalah sejalan dengan terusnya dilakukan upaya penguatan karakter bangsa lewat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI kepada masyarakat.

“Keempat pilar ini menjadi kunci dalam mengelola keutuhan bangsa Indonesia. Pilar-pilar negara ini juga yang membuat bangsa kita disegani oleh bangsa-bangsa lain. Mari kita terus tingkatkan eksistensi NKRI semakin kokoh,” jelasnya, Jum’at kemarin (07/11).

Pada kesempatan itu Ibas menekankan pentingnya empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama generasi muda yang harus memahami dan didorong menerapkan empat pilar kebangsaan itu sehingga muncul kesadaran akan cinta tanah air. Dia berharap, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di pedesaan.

“Kami yakin jika masyarakat sudah memahami empat pilar kebangsaan ini, secara perlahan juga akan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya lagi.

Diakhir keteranganya, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia menambahkan, kebhinekaan dan perbedaan merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan bangsa Indonesia yang memang multikutural dan multietnis.(ARD)