Tangerang – Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas, menghargai keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen (Pol) Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri baru menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan purna tugas. 
 
Hal ini disampaikan Ibas saat menghadiri acara #MancingBerkahRamadan yang digelar Fraksi Partai Demokrat DPR RI bersama jurnalis di Situ Cipondoh Tangerang Banten, Kamis, (16/6/2016). “Kami berharap siapapun pemimpin kepolisian yang sudah dikirimkan namanya, yaitu, Komjen Tito Karnavian Insya Allah beliau bisa menjalankan tupoksinya secara baik dan benar, bisa membawa institusi kepolisian berwibawa dan mampu menjalankan visi misinya baik jangka pendek atau panjang,” ujar wakil rakyat asal Dapil VII Jatim ini. 
 
Menurut pria yang juga menjabat anggota Komisi 10 DPR RI ini, pemilihan calon Kapolri yang baru merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Oleh karenenya, Ibas menilai, pemilihan kapolri sebaiknya tidak dipolitisasi dan polisi bisa selalu bersikap independen, profesional, amanah dan reformasi internal di tubuh Polri terus dilakukan ke depannya. “Kami yakin kepolisian akan mereformasi tubuhnya dan menjadi bagian yang membanggakan bagi setiap kepolisian karena anggota parlemen juga butuh perlindungan, kenyamanan, dan pengayoman serta profesional, modern dan berwibawa,” kata dia.
 
Terkait uji kelayakan dan kepatutan yang akan digelar pekan depan, Ibas mengatakan, Partai Demokrat akan mengawal prosesnya. “Fraksi Demokrat akan ikuti prosesnya dalam fit and proper test akan ditanyakan pertanyaan beragam, bagaimana program kerjanya agar calon kapolri baru bisa mengemban amanah di kemudian hari,” kata dia.
 
Ibas menggarisbawahi bahwa institusi kepolisian memerlukan sosok pemimpin yang tepat, berkualitas, profesional dan mampu mengemban amanah dengan baik. “Kita tidak melihat tua atau muda, Kapolri yang baru haruslah sosok yang memiliki kapasitas dan kualitas serta prestasi dalam menjalankan tugas dan amanah,” tegasnya.