Jakarta – Partai Demokrat hari ini melepas ribuan peserta mudik gratis di kawasan Parkir Timur Senayan Jakarta, Minggu 3/7/2016. Sebanyak seratus bus disiapkan DPP Partai Demokrat menuju ke sejumlah daerah di Pulau Jawa.
 
Acara pelepasan mudik gratis Partai Demokrat secara resmi dilepas Ketua Umum PD, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, didamping Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, Ketua Fraksi  dan sejumlah pejabat teras Partai Demokrat. 
 
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan sebagai cerminan tag line Partai Demokrat hadir “Untuk Rakyat, Partai Demokrat Peduli dan Memberi Solusi”, acara mudik gratis ini telah rutin digelar PD setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, Partai Demokrat rutin mengagendakan acara mudik bersama ini sebagai bentuk kepedulian partai kepada konstituen dan masyarakat,” terangnya.
 
Oleh karenya, Ibas sapaan wakil rakyat asal Dapil VII Jawa Timur ini berharap acara mudik gratis PD ini dapat membantu para pemudik untuk menghemat biaya berlebaran di kampung halamannya. “Tradisi mudik bersama tahunan yang baik ini harus terus kita kawal menjadi bagian dari wujud kepedulian partai,” tambah anggota Komisi 10 DPR RI ini. 
 
Melihat tradisi mudik memiliki banyak manfaat dalam sejumlah aspek khususnya dampak positif di daerah, Ibas melanjutkan tradisi mudik harus terus dilestarikan disertai pembenahan-pembenahan menejemen mudik. “Kita tahu, masyarakat yang mudik dari tahun ke tahun terus bertambah. Mudik dan berlebaran di kampung halaman merupakan cerminan eksistensi masyarakat kita yang telah bekerja keras di kota-kota besar untuk menunjukkan rasa syukurnya merayakan hari kemenangan Idul Fitri di kampung. Jadi segala aspek yang masih perlu dibenahi dalam tradisi mudik ini harus terus berjalan,” tambahnya. 
 
Dengan mudik bersama Partai Demokrat ini, Ibas juga optimis masyarakat dapat diringankan biaya pulang kampungnya sehingga rezeki yang di bawa untuk pulang kampung bisa digunakan untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga. “Semoga acara mudik bersama seperti ini sekaligus dapat mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan,” tutupnya.