Jakarta, 17 Agustus 2012 merupakan hari besar bangsa Indonesia, hari Kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-67 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya Anggota Komisi I DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, atau yang akrab disapa Ibas, pagi tadi menghadiri Upacara Pengibaran Sang Merah Putih di Istana Merdeka. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ani Yudhoyono serta Wakil Presiden Boediono beserta Herawati Boediono.

 

Tahun ini tampak Ibas yang mengenakan setelan jas hitam resmi didampingi istrinya Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono dengan mengenakan kebaya berwarna merah. Ibas dan Aliya duduk berdampingan, dalam barisan keluarga tersebut terlihat pula kakak dari Ibas, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono bersama Anissa Pohan istrinya yang berbusana seragam dengan Aliya.

 

Komandan Upacara Kol Inf Sonny Aprianto (DanBrirg I PIK/JS Kodam Jaya) memimpin peringatan detik-detik proklamasi. Dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi tersebut ditandai dengan 17 dentuman meriam yang menggelegar berurutan dari arah Taman Monumen Nasional disertai bunyi sirene panjang. Setelah tanda detik-detik proklamasi selesai, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie membacakan naskah proklamasi yang 67 tahun lalu dikumandangkan.

 

Ada yang istimewa dari Peringatan Kemerdekaan RI tahun ini yang jatuh pada hari dan suasana sama seperti ketika proklamasi dibacakan 67 tahun silam dibacakan oleh Soekarno-Hatta, yakni hari Jumat dan dalam suasana Ramadan.

 

paskibrakaSetelah pembacaan teks proklmasi, Pengibaran bendera dilakukan oleh 66 anggota Paskibraka tingkat nasional. Ke-66 anggota Paskibraka ini berasal dari 33 provinsi yang telah diseleksi mulai dari tingkat provinsi. Anggota Paskibaraka yang bertugas sebagai pembawa baki bendera pusaka adalah Mega Ayundya Nirwaningtyas, Paskibaraka asal Jawa Tengah, siswa Sekolah SMA Taruna Nusantara, Kab Magelang. Tim Paskibraka berhasil membawa, membentang, dan menaikkan Bendera. Setelah bendera berkibar, komandan melaporkan kepada inspektur upacara, Presiden RI bahwa upacara pengibaran Sang merah putih telah selesai dilaksanakan.

 

Menjelang akhir acara, Lima pesawat tempur F-16 dan lima pesawat tempur Sukhoi sempat melintas di atas halaman Istana yang dijadikan lokasi upacara dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-67. Pesawat F-16 diketahui berasal dari Skadron Udara 3 ‘Dragon F-16’, dan pesawat Sukhoi tersebut berasal dari Skadron Udara 11 ‘Thunder Sukhoi’.

 

Ibas mengatakan bahwa Indonesia merdeka bukanlah hadiah, “Kemerdekaan Indonesia dicapai dengan keringat, darah dan pengorbanan.” Untuk itu Ibas berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tidak menyia-nyiakan kemerdekaan ini, dan sudah sepatutnya untuk selalu menghargai dan menghormati jasa para pahlawan Indonesia.

sumber foto: antara

 

ibas_HUT_RI