Babel – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas beserta rombongan DPP Partai Demokrat mengunjungi Sentra Produksi kerupuk ikan “Dua Ikan Mas” di Pasir Putih, Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Di lokasi ini, Ibas mendorong para pelaku UKM untuk terus meningkatkan kreatifitasnya dalam mengolah produk andalan daerah. “Sektor UKM daerah merupakan tiang penyangga ekonomi rakyat. Jadi kalau kreatifitas dan produktifitas dapat ditingkatkan, insyaallah perekonomian lokal akan ikut terangkat dan menjadi motor penggerak perekonomian nasional,” terang Ibas saat mengunjungi sentra produksi krupuk ikan  Dua Ikan Mas di Pasir Putih, Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (29/11).

 

Pada kesempatan ini, politisi muda ini menyampaikan, kesempatan sektor UKM untuk maju sangat terbuka lebar mengingat berbagai program pemerintah untuk penguatan modal usaha pelaku UKM terus digalakkan. “Pemerintah mengeluarkan berbagai program penunjang kemajuan sektor UKM seperti PNPM Mandiri, Kredit Usaha Rakyat, program koperasi modern, program optimalisasi Tempat Praktek Keterampilan Usaha yang telah mencapai 1.209 unit se-Indonesia dan masih banyak lagi. Artinya, kesempatan untuk meraih kesuksesan di sektor UKM sangat besar,” tambah Ibas.

 

Ibas menambahkan, sinergi dan peran serta antarlembaga, baik pemerintah pusat dan daerah, serta pera pelaku sektor UKM harus ditingkatkan agar produk-produk sektor UKM khususnya di daerah mampu bersaing di pasar global. “Pada akhirnya UKM kita ke depan akan semakin inovatif dan siap tampil di pasar global dengan catatan, permodalan, akses pasar, teknologi dan inovasi, SDM, SDA, infrastruktur dan kerangka kebijakan dan peraturan untuk penguatan sektor UKM dapat berjalan selaras,” tambah Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pariwisata dan Olahraga ini.

 

Lebih lanjut Ibas menerangkan, memang ada wilayah-wilayah tertentu yang perlu mendapat perhatian lebih untuk bisa tampil mengolah potensi lokal lewat sektor UKM. Untuk itu, lanjut Ibas, DPP PD memandang pentingnya silaturahim dengan para perajin pelaku sektor UKM agar termotivasi menularkan keterampilan dan mengajak semakin banyak lagi penggiat sektor UKM di daerah. “Saya optimis, kunjungan DPP PD ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada pelaku sektor UKM untuk terus berkarya menciptakan produk-produk andalan lokal sehingga daerah lain yang memiliki potensi yang sama juga akan tergerak untuk menjalankan sektor ini,” tutup Ibas.