Jakarta – Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) Edhie Baskoro Yudhoyono menyampaikan apresiasi atas sinergitas yang dibangun DPP Partai Demokrat, FPD-DPRD Jawa Barat, FPD-DPRD DKI dan FPD DPRD Depok, serta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD Depok, hingga DPC dan ranting.  Apresiasi ini disampaikan Ibas, sapaan akrab Ketua FPD dalam audiensi yang dipimpin langung Sekjen PD, Dr Hinca IP Pandjaitan XIII di ruang rapat FPD, Rabu, (2/3/2016).
Saat membahas isu terkait rencana pembangunan gedung SMP di Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok yang berbatasan dengan DKI Jakarta ini, Ibas menyampaikan keseriusan jajaran Fraksi PD baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten atau kota untuk menjadi bagian dari solusi dan penyambung aspirasi masyarakat.  
‘’Kita harus selalu hadir sebagai solusi. Itu pesan Ketua Umum, Pak SBY. Kita ini perpanjangan tangan partai, dan kita juga representasi masyarakat. Mereka percayakan masalahnya kepada kita. Mari kita bersama-sama, lintas daerah, lintas komisi, berembuk, diskusi memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat,’’ kata Ibas.
Ibas pun mendorong penuh keterlibatan jajaran FPD dalam memberikan solusi persoalan masalah pendidikan di Depok ini, dapat menjadi teladan untuk jajaran FPD di daerah lain di Indonesia. ‘’Dan ini bukan hanya dalam konteks kedekatan geografis. Ini kebetulan urusannya harus menjadi concern DKI, Depok dan Jabar. Menurut saya, harusnya sinergi seperti ini dilakukan di mana saja, dan atas masalah masyarakat yang manapun,’’ ujar anggota Komisi 10 DPR RI ini.
Pada audiensi yang berlangsung santai ini, Ibas juga mengingatkan agar agenda reses anggota FPD ke depan dapat secara langsung menjemput dan ikut terlibat dalam menyelesaikan persoalan di tengah-tengah masyarakat. ‘’Kita tidak harus selalu menjadi penanggungjawab atas persoalan pembangunan. Solusinya yang ditawarkan harus sesuai peran sebagai anggota dewan yang dipilih rakyat untuk menyampaikan aspirasi. Di daerah kan ada gubernur, walikota atau bupati. Kita sampaikan agar masalah pendidikan, kesehatan dan masalah lainnya diperhatikan dengan seksama,’’ tutur Ibas.
Ibas juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras kader Demokrat di seluruh Indonesia yang mau bersabar dan bekerja keras meski Demokrat sempat mengalami guncangan dan ujian berat.  ‘’Tapi  berkat kerja keras dan kerjasama kita, saat ini kita bisa dikatakan menikmati keadaan yang kondusif. Partai tidak terpecah dan kepercayaan rakyat di berbagai daerah terus tumbuh. Pada Pilkada Serentak 2015 kemarin kita cukup sukses bahkan melampaui target. Saya percaya, kalau kita terus bekerja keras dan bekerjasama dengan baik, ini akan semakin baik pula ke depan,’’ katanya.
Selain dijadiri Sekjen PD dan Ketua FPD DPR RI, forum yang juga dihadiri Sekretaris FPD,  Didik Mukrianto, SH., MH, Bendahara FPD Anton Sukartono Suratto, para anggota FPD seperti Agung Budi Santoso, Herman Khaeron, Dede Yusuf, Teuku Ruefky Harsya, Khatibul Umam Wiranu,  Sartono Hutomo, Fandi Utomo dan Siti Mufattahah.