Proses Praperadilan yang sitempuh Komjen Pol Budi Gunawan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas status tersangka yang melekat pada dirinya kini telah selesai. Banyak pihak yang kini menunggu langkah apa yang diambil Presiden Joko Widodo.

 

Partai Demokrat menyatakan akan menunggu sikap Jokowi apakah akan melatik Budi Gunawan atau tidak. Apalagi proses hukum yang ditunggu-tunggu Jokowi kini telah selesai. “Kami menghormati proses yang ada. Intinya kami menunggu sikap dan tanggapan dari Presiden setelah praperadilan selesai,” kata Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/2).

 

Pada dasarnya, lanjut pria yang biasa disapa Ibas ini Demokrat meminta Jokowi segera melantik mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri itu karena proses hukumnya kini telah selesai “Demokrat meminta penundaan pada saat itu karena ada status tersangka yang di KPK. Kini semua sudah clear dan tak ada lagi alasan untuk tidak melantiknya,” lanjut Ibas. Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi kemarin mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Komjen Budi Gunawan. Kini status tersangka Budi Gunawan resmi dicabut.