Jakarta – Ada suasana yang berbeda terlihat di dalam Istana Negara Senin (28/1) tadi malam. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menggelar aqiqah cucu mereka Airlangga Satriadi Yudhoyono, buah pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas dengan Siti Ruby Aliya Rajasa.

 

Selain aqiqah, dalam acara ini juga dilaksanakan prosesi potong rambut Airlangga. Ibas-Aliya terlihat duduk berdampingan dan Airlangga ada dalam pangkuan sang Ibu. Keluarga Edhie Baskoro Yudhoyono bersama mengenakan seragam busana muslim benuansa biru muda, yang disesuaikan dengan anggota keluarga lainnya termasuk Presiden SBY dan Ibu Ani serta Menko Hatta Rajasa dan Ibu Oke.

 

Dalam sekapur-sirih-nya, Ibas mengatakan bahwa acara ini digelar untuk senantiasa mendoakan putranya, Airlangga. Seperti cuplikan curahan doa Edhie Baskoro Yudhoyono berikut ini, “Kami pun mengajak Bapak/Ibu untuk ikut mendoakan agar Airlangga Satriadhi Yudhoyono kelak tumbuh menjadi anak yang sholeh, cakap, cerdas dan santun berakhlak mulia, sehat, dan bermanfaat…”. Ibas juga berharap Airlangga kelak menjadi putra yang berguna bagi kedua orangtua, agama hingga negara.

 

Makna Aqiqah yang disampaikan Ibas untuk puteranya adalah sebagai langkah awal dalam mendekatkan diri kepada sang Pencipta, “Insya Allah, Aqiqah merupakan suatu jalan dan tahapan kehidupan baru yang akan mendekatkan Airlangga, putra kami, kepada Allah dari masa awal ia menghirupkan udara kehidupan di dunia ini.” Harapan lain sang ayah untuk putera tercintanya adalah agar Airlangga dapat terus menumbuhkan rasa rela berkorban dalam menjalankan perintah Agamanya,  dan menumbuhkan rasa persaudaraan diantara sanak famili.

 

Rasa bahagia atas lahirnya seorang anak juga diungkapkan Edhie Baskoro Yudhoyono tadi malam, “Saya dan Aliya dan juga keluarga besar sangat berbahagia atas lahirnya Airlangga Satriadhi Yodhoyono”.

 

Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi I DPR RI ini dalam akun twitter-nya @Edhie_Baskoro : “Bismillah. Semoga acara Aqiqah ini mjd awal tertanamnya iman dan taqwa Airlangga kpd Allah SWT.” (Yd)