PONOROGO – Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono, meyakini eksistensi Negara Republik Indonesia (NKRI) sudah semakin kokoh. Keyakinan tersebut adalah sejalan dengan terusnya dilakukan upaya penguatan karakter bangsa lewat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan kepada masyarakat.
 
Empat pilar kebangsaan itu antara lain Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. “Keempat pilar ini menjadi kunci dalam mengelola keutuhan bangsa Indonesia. Pilar-pilar negara ini juga yang membuat bangsa kita disegani oleh bangsa-bangsa lain. Mari kita terus tingkatkan eksistensi NKRI semakin kokoh,” tandas Ibas, sapaan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono,  saat menyampaikan materi Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kantor Desa Sukosari, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (07/11/2015).
 
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Ibas pada saat reses,  mengunjungi masyarakat di Dapil VII Jatim meliputi Kabupaten Pacitan, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Ponorogo.
Pada kesempatan itu Ibas menekankan pentingnya empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama generasi muda yang harus memahami dan didorong menerapkan empat pilar kebangsaan itu sehingga muncul kesadaran akan cinta tanah air.
 
Dia berharap, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan  akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat di pedesaan. “Kami yakin jika masyarakat sudah memahami empat pilar kebangsaan ini, secara perlahan juga akan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.
 
Pada hari sebelumnya, Ibas juga menyampaikan kegiatan serupa di Desa Mantingan Kabupaten Ngawi.