Ngawi-Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diisi dengan pagelaran pameran  dan tunjuk kebolehan oleh masing-masing yang digelar oleh dinas pendidikan kab.Ngawi pada hari Kamis (28/04) merupakan kegiatan yang tidak dapat diremehkan bagi sekolah, sebab event ini merupakan ajang menampilkan potensi sekolah selain itu kegiatan ini juga sebagai wadah menampung, mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi sekolah yang ada di Kab.Ngawi.


Event ini juga sebagai ajang bagi sekolah untuk menunjukkan kemampuannya kepada masyarakat dan bagi pemerintah serta sebagai tolak ukur keberhasilan sekolah dalam mengembangkan potensi yang dimilki. Bupati Ngawi Budi sulistyono membuka secara langsung dan memberikan sambutan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional di Alun-alun Merdeka Ngawi. Lebih lanjut Kanang sapaan akrabnya menyampaikan, terkait pengembangan potensi sekolah Pemerintah Kab.Ngawi senantiasa berupaya untuk meningkatkan pendidikan di segala aspeknya.


Terlebih dalam kerangka untuk meningkatkan kopetensi tenaga pengajar, karena bagaimanapun guru adalah ujung tombak dunia pendidikan selain itu guru juga akan menciptakan generasi-generasi yang tangguh dan hebat untuk bisa bersaing menghadapi MEA (Masyarakat ekonomi Global). Bupati juga berharap “Kegiatan seperti ini tidak boleh hanya berhenti pada tahun ini saja, tetapi dapat menjadi agenda ruti setiap tahun sehingga sekolah bisa menyiapkan diri sejak awal dan mengetahui perkembangan dunia pendidikan dari tahun ke tahun” ujarnya. Kepala Dinas pendidikan Kab. Ngawi Abimanyu juga menjelaskan, kegiatan acara Pameran Potensi Sekolah ini akan dijadikan agenda rutin tahunan, dan kegiatan pameran ini merupakan bagian dari pembangunan citra publik sebagai wadah informasi pendidikan sekaligus memfasilitasi ruang berkompetisi bagi para anak didik dalam rangka peningkatan kualitas lulusan yang berdaya saing.


Pameran pendidikan dan ajang kreativitas siswa Kab.Ngawi berlangsung selama 3 hari dar tgli 28 sampai 30 April 2016 diikuti olah para peserta pelajar dimulai dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas dan pendidikan unsur pendidikan lainnya. Dalam acara Pameran Potensi Sekolah terdapat berbagai kegiatan yakni lomba tingkat SMP, Festival Eskul tingkat SMA/SMK, festival Tari kreasi daerah tingkat SD, pentas seni tingkat TK, Kirab Paskibra tingkat SMP, SMA dan SMK