Magetan- setelah tingkat Sekolah Menengah Atas(SMA) sederajat selesai melaksanakan Ujian Nasional(UN) pada minggu kemarin, hari ini giliran Siswa SMP/ MTS/SMPLB di Magetan menghadapi Ujian Nasional.

Ujian Nasional tersebut diikuti oleh sebanyak 9551 Siswa dengan rincian  6784 Siswa Tingkat SMP, 2766 Siswa MTS Negeri/Swasta dan 1 Siswa berasal dari siswa SMPLB.menurut Yussy Hermawan, Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kabupaten magetan, dari 9551 Siswa Tersebut hari ini semuanya mengikuti Ujian Nasional, artinya tidak ada siswa yang absen karena sakit, Kecelakaan maupun yang sedang dalam kasus Hukum.

“ Alhamdulillah Semua Siswa hari ini masuk semua, tidak ada yang absen maupun sedang dalam masalah Hukum, semuanya mengikuti, termasuk juga Naskah soal pun semua lancar, tidak ada kasus seperti UN tingkat SMA yang lalu” jelasnya Via telepon seluler.

Terkait dengan berbarengannya jadwal UN dengan Pencoblosan dalam rangka Pilkada magetan yang di gelar pada 24 April mendatang,yussy menegaskan jika Jadwal tersebut tidak bisa diundur maupun dimajukan dikarenakan sudah keputusan dari Pusat, begitu juga dengan Pilkada magetan,tidak bisa diajukan maupun diundur.

“Pelaksanaan Ujian SMP memang bersamaan dengan jadwal Pilkada magetan, ada sekitar 560 guru yang ditugasi menjadi pengawas ujian, jadwalnnya sendiri tidak bisa diundur maupun diajukan, karena sudah terjadwal dari pusat” terangnya.

Seperti diketahui, data dari diknas Magetan, 334 guru MTS dan 324 guru SMP saat ini sedang bertugas mengawasi ujian Nasional tersebut, namun KPUD Magetan sudah memastikan jika waktu yang disediakan untuk guru yang sedang dalam tugas jadi panitia maupun pengawas Ujian sudah Cukup, KPUD magetan telah menyediakan waktu hingga Pukul 13.00 Wib untuk pencoblosan.

Lebih Lanjut Ketua KPUD magetan, Soerjadi menambahkan jika terkait pencoblosan pihak KPU Magetan sudah mengadakan kesepakatan anatara Pihak Dindik , Pemkab, dan Parpol masalah ratusan Guru tersebut,  guru yang merangkap PPS dan mengawasi UN harus digantikan guru lain untuk mengawasi ujian.Maksum