Trenggalek- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur memberangkatkan puluhan transmigran ke Kalimantan Utara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Nakertransos) Kabupaten Trenggalek, Mokhamad Siswanto mengatakan, jumlah transmigran yang diberangkatkan sebanyak 25 kepala keluarga (KK) terdiri dari 76 jiwa.

Warga asli Trenggalek itu rencananya menjadi tranasmigran di Tanjung Buka SP 5 Kabupaten Bulungan Propinsi Kalimantan Utara.

“Ini juga sekaligus untuk mengulang sukses tahun lalu, karena para transmigran yang telah kami berangkatkan tahun 2012 sekarang kondisinya sudah mulai tertata,” katanya. 29/5 

Menurutnya, sebelum diberangkatkan ke lokasi tujuan, para calon transmigran tersebut telah mendapatan pembekalan khusus selama dua bulan di balai Latihan Ketransmigrasian Yogyakarta.

“Selain itu, mereka juga mendapatkan pelatihan dasar umum (PDU) di Balai Latihan Ketransmigrasian Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Lanjut Siswanto, untuk mendudukung kehidupan peserta transmigrasi itu, Pemkab Trenggalek memberikan bantuan berupa uang saku senilai Rp500 ribu, serta perlengkapan bercocok tanam, seperti sabit, cangkul, gergaji, gancu, sejumlah bibit pertanian dan lain-lain.

Orang nomor satu di Disnakertransos Trenggalek ini menjelaskan, seluruh peserta mendaoatkan jaminan hidup selama satu tahun dari pemerintah kabupaten dan provinsi.

“Kita tidak asal memberangkatkan, namun juga mengawal sampai lokasi serta menjamin kebutuhan hidup selama setahun itu, selain itu, disana juga telah disiapkan lahan 2 hektare untuk dikelola,” ujarnya.

Sis mengaku, program transmigrasi ini akan memiliki manfaat yang cukup besar apabila di lokasi bari tersebut bersungguh-sungguh dalam mengolah lahan pertanian yang ada.

“Jadi dari pengalaman 72 transmigran tahun 2012, mereka itu sekarang sudah bisa menikmati panen perdana dengan hasil yang luar biasa, yaitu antara 2,5 sampai dengan 3 ton,” jelas Siswanto. (Dimas)