PONOROGO –  Menasbihkan SD Muhammadiyah 1 Ponorogo (SD Muhipo) sebagai rajanya robotika tidak lah berlebihan. Meski komunitas robotika SD ini baru terbentuk dua tahun silam, namun prestasinya sudah menjulang langit. Tak tanggung-tanggung sudah lima prestasi berhasil disabet.Tercatat sudah 3 prestasi di level nasional dan 2 kali regional. Yang terbaru, kembali SD Muhipo mampu bertengger di posisi juara 1 dan 3 tingkat nasional. Yakni dalam lomba Robotic In Action ITS Expo, Rabu (25/4). Dengan prestasi ini SD Muhipo bakal bertanding ke Malaysia untuk kompetisi di tingkat Internasional.

 

Prestasi monumental robotika itu dipersembahkan oleh dua siswanya. Yakni, Alka Alvin Fauzi siswa kelas 3 Tabligh dan Tegar Naldo Prastiyo kelas 5 Fathonah. Alka sang juara pertama itu mengaku bangga dengan perolehan pestasinya. “Senang sekali. Robot itu menyenangkan tapi bisa juga buat prestasi,” akunya. Putra Agus Mahfud Fauzi, Mantan anggota KPUD Ponorogo yang saat ini menjadi Anggota KPU Jawa Timur ini sudah suka dengan robot sejak masuk SD Muhipo. Dia pun tak jarang mengutak atik rangkaian robot. “Saya juga punya peralatan lengkap di rumah,” sebutnya.  Hal sama diucapkan Tegar peraih juara 3. Dirinya senang bisa membuat robot yang bisa membaca garis putih. “Selain mainan, ini juga bisa dilombakan. Saya juara 3,” ucapnya.

 

Menurut Nur Kholis, S.Pd pembina robot, kedua siswanya ini berhasil meraih prestasi dalam kategori line tracer analog. Menurutnya, line tracer analog merupakan lomba kecepatan robot dalam mencapai garis finish melalui berbagai rintangan yang ada. “Robot harus bisa membaca line atau garis putih untuk sampai finish dengan cepat,” sebutnya. Dalam lomba ini, anak didiknya berhasil melewati berbagai babak. Baik penyisihan di tingkat regional, hingga final di tingkat nasional. Prestasi ini, kata Nur Kholis, merupakan buah dari adanya komunitas robotika yang dimiliki sekolahnya. “Saya kira kuncinya Cuma satu. Yakni adanya komunitas robotika yang memudahkan anak untuk mengembangkan bakat minatnya,” tandasnya. 

 

Kepala SD Muhipo, Syamsuddin Mufthi, M.Pd menegaskan bahwa pestasi ini semakin menantabkan tim robotika sekolahnya bertanding tingkat Internasional di Malaysia.  Ia pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung adanya komunitas robot EMRC SD Muhipo. “SD Muhipo prestasi robotnya luar biasa. Ini semua berkat persiapan guru pendamping dan semangat anak serta kerjasama orang tua,” bebernya.

 

Semua siswa yang tergabung dalam komunitas ini, kata Syamsuddin, bakal diberi kesempatan berlaga diberbagai event. SD Muhipo pun memberikan fasilitas memadai untuk mendukung komunitas ini. Mulai laboratorium khusus robot hingga kelengkapan  penunjang. “Anak-anak sendiri pun punya alat-alat sendiri, karena orang tau mau mendukung,” katanya.  Dalam komunitas ini, siswa berlatih setiap dua kali dalam seminggu. “Bila ada ajang perlombaan maka akan dipersiapkan dua minggu sebelumnya. Berkat ini kita berhasil meraih lima prestasi dalam dua tahun terakhir,” pungkasnya.


(MUH NURCHOLIS)