PACITAN-Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Senin (18/01) mengikuti upacara peringatan hali bela negara di halaman pendopo kabupaten. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pacitan Indartato.
Membacakan Sambutan Presiden RI Joko Widodo, Bupati Indartato mengatakan, kesadaran bela negara, merupakan tekad, sikap, perilaku dan tindakan bela negara. Ini sekaligus sebagai upaya penguatan karakter dan jati diri bangsa.
Kesadaran setiap warga negara disatu sisi merupakan soft power, disisi lain kesadaran bela negara juga menjadi modal sosial bangsa. Guna membangun diri menjadi bangsa yang maju, berkepribadian serta berkebudayaan yang sejajar dengan negara maju lainya.
Apalagi diera seperti saat ini tantangan kedepan semakin komplek. Untuk itulah dibutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kemampuan penguasaan tekhnologi informasi namun juga memiliki kesadaran kuat dalam bela negara.
Untuk mengimplementasikan hak hak warga negara, pemerintah membentuk kader bela negara yang memiliki sikap dan perilaku cinta tanah iar serta beridiologi Pancasila, rela berkorban demi bangsa dan negara.
Bela negara tidaklah tumbuh dengan sendirinya, namun harus ditanamkan sejak dini. Nilai bela negara harus dimulai dari diri sendiri, keluarga masyarakat serta lingkungan pekerjaan. (frend)