Magetan – Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, mengapresiasi pelaksaan pemilihan kepala Desa secara serentak di Magetan dengan menggunakan E- Voting.

Anggota DPR RI yang saat ini duduk di komisi Vl ini mengatakan dengan memakai tehnologi E – Voting dalam pelaksanaan pilkades di Magetan akan membuat pemilihan kepala desa yang akurat, efektif, efisien dan akuntabel.

Meski masih belum seluruhnya menerapkan, menurutnya, sistim tersebut diharapkan bisa menjadi contoh untuk daerah lain dalam penerapannya di waktu yang akan datang.

Selain itu, pilkades dengan sistem e-voting diharapkan juga dapat menekan kecurangan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Kami apresiasi langkah pemerintah kabupaten Magetan dalam pelaksanaan pilkades serentak menggunakan E- voting, ini merupakan gebrakan baru dan selangkah lebih maju, semoga pelaksanaannya bisa maksimal dan hasilnya bisa dijadikan contoh daerah yang lain” jelasnya.

Seperti diketahui, pilkades serentak hari ini di ikuti oleh 184 desa di Magetan, dari ke 184 desa tersebut baru 18 desa yang akan menerapkannya. menurut Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa, Eko Muryanto, diputuskannya baru 18 desa yang akan menggunakan system E- Voting karena keterbatasan alat.

“Sementara diputuskan satu kecamatan ada satu desa yang E-voting. Sekaligus sebagai percontohan pelaksanaan E- voting wilayah yang lain,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Magetan, Saif Muhlisun, menambahkan, tujuan di laksanakannya E-Voting dalam pilkades serentak ini adalah untuk menyelenggarakan pemungutan suara yang hemat biaya serta penghitungan yang cepat, karena menurutnya dengan menggunakan sistim ini akan mudah untuk di audit, juga bisa hemat biaya percetakan, lebih sederhana dan dapat digunakan juga dalam pemilu dan pilkada. (23/19).(Choiri)