PONOROGO – Kehadiran Presiden RI ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono pada event Hello Pacitan 2016 yang digelar di Pantai Pancer Door, Kabupaten Pacitan, kemarin membawa angin segar kepada seluruh pelaku UKM yang mengikuti expo besar-besaran pada rangkaian agenda Hello Pacitan 2016. 
 
Kedatangan SBY disambut kegemberiaan dan antusias masyarakat yang berada dalam rangkaian event Hello Pacitan 2016.
Dalam event besar ini tampak hadir beberapa tokoh nasional, diantaranya SBY, Ibas, Sartono. 
 
Hello Pacitan bertujuan mengangkat potensi wisata kabupaten Pacitan juga dalam upaya mengembangkan potensi UKM yang tersebar dari Dapil 7 Jatim (Pacitan, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Ngawi). 
 
Beragam produk unggulan daerah masing-masing disajikan sebagai upaya pengembangan market dan memperkenalkan produk-produk unggulan mereka tidak hanya dikalangan lokal tetapi mancanegara. 
 
Aneka produk unggulan mulai dari kerajianan tangan, pernak pernik khas, olahan makanan minuman dan aneka jenis produk konveksi dan masih banyak lagi.
 
Para pelaku UKM menyambut gembira akan terselenggaranya kegiatan besar ini, mereka merasa sangat terbantu terutama dalam sektor pemasaran produk-produk mereka. Kegembiraan mereka terbayar dengan antusias pengunjung yang ternyata juga berjiwa konsumtif. “Alhamdulillah produk minuman khas Ponorogo berupa Sari Cincau Janggelan bisa dipercaya mengikuti acara istimewa ini,” ungkap Lusi Bambang Sucipto selaku pelaku UKM asal Desa  Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo tersebut.
 
Terlebih dengan kehadiran SBY dan rombongan termasuk Sartono Hutomo yang anggota DPR RI Komisi VI yang menyapa mereka dari stand ke stand. Senyum bangga tersungging dari bibir mereka setelah bertemu dan bersalaman dengan presiden RI ke VI dan rombongan itu.
 
Kegiatan Expo UKM ini adalah kerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI yang merupakan mitra Komisi VI DPR RI yang di dalamnya ada legislator demokrat Dapil VII Jatim Sartono Hutomo, sepupu dari presiden RI ke 6, SBY.
 
Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Sartono yang peduli terhadap pelaku UKM. “Terimakasih bapak Sartono telah memfasilitasi kami untuk mengenalkan produk unggulan kami di even yang luar biasa ini, semoga kegiatan ini tidak hanya di Pacitan saja tetapi bisa di kabupaten Ponorogo,”  ungkapnya di stand Tim Sartono Dulur Dhewe setelah kunjungan SBY. 
 
Perasaan bangga dan bahagi dari raut wajah Lusi rasakan ketika berfoto bareng dan bersalaman dengan SBY dan Rombongan. 
Event hello pacitan 2016 ini merupakan agenda yang diadakan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI ke 71, yang menampilkan beberapa kompetisi besar bergensi bertaraf internasional. 
 
Salah satunya adalah kompetisi ASC (Asean Surfing Championship), lari maraton dan serangkaian kompetisi lainya yang berlangsung dari tanggal 17 – 21 Agustus 2016. (mnc)