Pacitan – Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pariwisata dan Olahraga, Edhie Baskoro Yudhoyono mengajak masyarakat Kabupetan Pacitan untuk bersama pemerintah daerah melestarikan objek wisata kebanggaan Pacitan. Hal ini diungkapkan Ibas saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono saat meninjau objek wisata Pantai Klayar di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Selasa, 15/10/2013.

“Keunikan dan keindahan Pantai Klayar sangat berbeda dengan objek wisata di tempat lain dan ini menjadi aset berharga Pacitan yang harus dilestarikan pemda dan masyarakatnya,” jelas Ibas di sela-sela kunjungan.

Bahkan pemerintah daerah mengusulkan pantai ini sebagai kawasan Geopark dunia. “Aset geologi itu bisa jadi wadah untuk pendidikan geologi, sejarah, sekaligus tempat pariwisata. Potensi ini menjadi momentum promosi kawasan karst gunungsewu melalui Geopark, sehingga sektor pariwisata di Pacitan semakin meningkat.” Ungkap Ibas.

Ibas juga mendorong dinas terkait untuk gencar melakukan promosi keluar daerah bahkan promosi skala  internasional mengingat potensi pariwisata di wilayah Pacitan yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri. “Potensi pariwisata Pacitan harus terus dipromosikan tidak hanya di level nasional bahkan internasional. Pengakuan Unesco bahwa Goa Gong berpeluang menjadi taman wisata (Geo Park)  kelas dunia bisa menjadi modal promosi,” tambah politisi muda ini. 

 

Ibas berharap dengan kunjungan Presiden SBY ke Pacitan akan semakin menggelorakan pembangunan sektor pariwisata di Pacitan untuk semakin berkembang dan mampu menjadi sektor andalan penggerak perekonomian masyarakat Pacitan. “Harus ada kesadaran kolektif, baik pemerintah dan masyarakat untuk menyelamatkan kawasan-kawasan cagar budaya, sejarah dan geologi agar tetap lestari,” harapnya.

 

Kabupaten Pacitan sendiri memiliki banyak potensi untuk diusulkan masuk sebagai Geopark. Antara lain, lintas geologi yang berkaitan dengan pengangkatan aktif pantai selatan, pantai Teleng, Pancer Door, Klayar, Srau, Nampu dan pantai Buyutan, lintas geologi prasejarah, seperti goa tabuhan, song terus, song keplek dan song gupuh serta dusun ngrijangan yang banyak diteliti para ahli sebagai situs prasejarah. Sedangkan lintas geologi budaya kabupaten Pacitan memiliki budaya upacara adat ceprotan serta wayang beber.