Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baksoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas menyampaikan apresiasi atas proses pemilihan pimpinan MPR yang dinilainya berlangsung demokratis. “Walaupun musyawarah mufakat tidak bisa tercapai tetapi proses pemilihan pimpinan MPR secara langsung berjalan sangat demokratis,” terang Ibas usai mengikuti sidang paripurna pemilihan pimpinan MPR, di gedung Paripurna I, komplek Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (8/10/2014).

 

Menurut Ibas seluruh rangkaian proses pemilihan serta seluruh dinamika yang terjadi merupakan bagian dari demokrasi. “Ini merupakan proses yang panjang dan melelahkan, namun saya puas karena hasilnya sangat demokratis sesuai harapan Demokrat,” tambahnya.

 

Ibas membeberkan bahwa secara perhitungan politik, paket pimpinan yang diajukan Koalisi Merah Putih kecil kemungkinan untuk menang. Namun, tambah politisi muda ini, kehendak Tuhan berkata lain dan paket pimpinan Koalisi Merah Putih bisa menang voting. “Sangat jelas secara hitung-hitungan di atas kertas paket pimpinan Koalisi Merah Putih kalah, tetapi hasilnya tidak.  Hanya Maha Besar Tuhan yang tahu dan yang menentukan garis tangan, kami hanya bisa merencanakan,” tambah anggota DPR asal Dapil Jatim VII ini.

 

Ibas juga berharap, soliditas Fraksi Demokrat di DPR bisa terus terjaga sama seperti saat menentukan pimpinan MPR kemarin. “Saya memberikan apresiasi dan penghargaan karena FPD solid dan satu komando ikut mensukseskan kadernya Pak Mangindaan duduk di kursi pimpinan MPR,” tutupnya.