Jakarta – Calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas menghadiri acara halal bihalal Paguyuban Warga Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun dan Ponorogo) di Theater Imax Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Jumat, 30/8/2013. Ibas datang bersama istri Aliya Baskoro Yudhoyono kompak tampil mengenakan batik hitam.

 

Ibas mengatakan acara yang rutin diselenggarakan tiap tahun itu selain untuk menjalin hubungan persaudaraan yang erat, dapat juga menumbuhkan rasa cinta akan kebudayaan dan kesenian dari daerah Pawitandirogo. “Persaudaraan yang erat terbentuk disini, ditambah lagi acara ini kental dengan kebudayaan dan kesenian yang akan memupuk rasa cinta terhadap kampung halaman,” ujar Ibas yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga itu.

 

Berbagai kesenian daerah asal Pawitandirogo dihelat dalam acara ini. 100 Reog Ponorogo yang menyambut peserta halal bihalal di depan halaman dan pementasan Ketoprak yang menghibur peserta di dalam ruangan dapat membuat peserta terhibur dan kagum akan kebudayaan Indonesia.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Dalam sambutannya, Presiden SBY menyampaikan pentingnya pelestarian budaya dan kesenian dari Jawa Timur. “Saya mendukung penuh eksistensi budaya dan seni dari wilayah Jawa Timur. Setiap daerah harus mempunyai kesadaran untuk melestarikan kesenian khasnya,” tegas Presiden.
 
Sementara, Ketua Umum Paguyuban Warga Pacitan (PWP) Agus dalam wawancaranya mengatakan masyarakat yang tergabung dalam cakupan Pawitandirogo sangat mengapresiasi halal bihalal  yang berlangsung rutin. “Masyarakat sangat senang acara Pawitandirogo ini berlangsung secara rutin. Dengan dukungan masyarakat, semoga acara ini terus berlangsung setiap tahunnya,” katanya.
 
Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Edhie Baskoro Yudhoyono yang telah ikut mendukung terselenggaranya acara halal bihalal warga Pawitandirogo ini.

 

Kesenian Reog

Kesenian Reog Ponorogo di Acara Halal Bihalal Warga Pawitandirogo, Jumat (30/8)