Pacitan – Sebanyak seratus ribu benih ikan lele dan ikan nila di serahkan anggota DPR RI asal Dapil VII Jawa Timur, Edhie Baskoro Yudhoyono, atau Ibas di Dusun Sundeng, Desa Bangunsari, Pacitan, Jawa Timur (14/7). Acara pelepasan benih ikan Nila dan Lele ini juga diikuti oleh pemberian bantuan program Pengembangan Usaha Minapolitan Pedesaan (PUMP) kepada beberapa Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) di Pacitan.

 

Pacitan merupakan wilayah pantai dengan sumber daya laut melimpah. Meski 70 hingga 80 persen wilayahnya adalah pegunungan, namun 7 dari 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan merupakan wilayah pantai sehingga sangat potensial untuk pengembangan budidaya ikan air tawar. Seperti untuk jenis ikan lele maupun ikan nila. Potensi tersebut dapat menjadi nilai tambah, jika mampu terkelola dengan baik. Bukan hanya sebatas dijual mentah, namun dikembangkan dalam bentuk produk olahan.

 

Ibas menjelaskan program PUMP ini merupakan program yang dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan telah menunjukkan hasil positif di beberapa daerah. Sebagai konsep pembangunan kelautan dan perikanan yang berbasis wilayah. Program ini telah membantu Pemerintah dalam merealisasikan visi KKP sebagai negara penghasil produk perikanan terbesar tahun 2015. Kegiatan PUMP yang bertujuan untuk meningkatkan produksi, menumbuhkan wirausaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan di pedesaan.

 

“Dengan pemberian bibit lele ini dan juga pemberian program PUMP ini, maka diharapkan pacitan dapat menjadi sentra lele terpadu dan menjadi percontohan untuk pengembangan kampung sejenis. Produksi lele di wilayah ini telah mendorong berkembangnya usaha pembenihan hingga pembesaran serta pengolahan beraneka ragam produk olahan berbahan baku ikan lele,” sambung Ibas.

 

Menurut Ibas, semua pencapaian itu dapat dicapai melalui pengembangan SDM setempat. Pengembangan SDM dilakukan melalui 3 langkah, yaitu peningkatan keterampilan masyarakat pelaku utama perikanan, pengukuhan penyuluh perikanan swadaya yang merupakan mitra dari penyuluh PNS dan instansi penyuluh kabupaten/kota, dan peningkatan pendidikan melalui pemberian bantuan beasiswa kepada anak-anak pelaku utama usaha perikanan. Ibas mengatakan, “Besarnya potensi perikanan dikabupaten Pacitan, diharapkan mampu menjadikan kawasan dipesisir paling selatan Jawa timur ini, menjadi penggerak gemar makan ikan bagi daerah-daerah lain.”