JAKARTA — Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat (PD) digelar di Hotel Sahid Jakarta pada Ahad (17/2). Dalam pertemuan akbar tersebut, para peserta rapat yang hadir berasal dari seluruh anggota di dewan pimpinan PD  dari beragam tingkatan.


Rapimnas yang digelar pukul 13.00 WIB ini sedianya akan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam perhelatan akbar itu SBY didampingi Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.


SBY memberikan keterangannya dalam jumpa Pers yang dilaksanakan pukul 16.00 WIB hari itu juga. Terkait pemberitaan di media, SBY meminta kerjasama dari pihak media. SBY meminta pihak media untuk memberikan porsi yang seimbang terkait pemberitaan terhadap PD. Termasuk adanya pemberitaan tentang pertentangan antara dirinya dengan Ketua Umum PD Anas Urbaningrum. Wacana tersebut tidaklah benar, sesuai yang disampaikan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.


Tidak membahas terkait pemilu di tahun 2014, PD bersepakat untuk memprioritaskan pembenahan diri terlebih dahulu, sekaligus menegaskan tidak ada KLB dan mengajak semua Kader PD untuk berbenah dan bekerja keras. Apresiasi bagi kader-kader Demokrat yang bersedia pun disampaikan.


Senada dengan apa yang disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang kerap disapa Ibas. “Sadar untuk berbenah diri demi peningkatan pelayanan untuk rakyat.. Yakin dan Optimis..! Wanbin tegaskan tidak ada KLB, PD harus berbenah dan tingkatkan kinerja”. Pernyataan tersebut dilayangkan Ibas dalam kicauan melalui akun Twitter miliknya, @Edhie_Baskoro selepas melakukan rangakaian acara Rapimnas PD.


Melalui rangkaian kata di Twitter yang dibubuhi hashtag #RapimnasPD, Ibas juga menambahkan bahwa PD terbuka terhadap kritik dan komentar yang membangun, sekaligus memohon maaf atas segala kekurangan PD selama ini. “Terimakasih atas kritik, komentar. SBY dan PD memohon maaf kepada Indonesia atas segala kekurangan..”


“Konsolidasi YES!.. KLB, NO! ” seru Ibas dalam kicauannya yang lain.