PONOROGO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Ponorogo, Rabu (17/8) gelar upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 71 di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Ponorog. Usai upacara, para kader pun melanjutkan kegiatan berdoa bersama untuk mendoakan para pahlawan yang berhasil memerdekakan Indonesia dari Penjajah yang dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

     Upacara yang diikuti ratusan  kader dan pengurus partai besutan SBY di Ponorogo tersebut bertujuan untuk mengisi  kemerdekaan. “Upacara detik-detik Proklamasi ini juga untuk mengenang jasa dan mendoakan para pahlawan yang berhasil memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah,” ujar H. Miseri Efendy, SH.,MH selaku Ketua DPC PD Ponorogo yang juga bertindak sebagai inspektur upacara.

     Dia berharap kader Demokrat Ponorogo selalu aktif mengisi kemerdekaan melalui jalur politik. “Dan upacara pagi  ini sebagai bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya bagi para pejuang kemerdekaan,” jelasnya.

     Menurutnya, saat itu para pejuang pantang menyerah untuk mengibarkan merah putih di Bumi Pertiwi. Karenanya, kita wajib untuk meneruskan atau melanjutkan perjuangan, pengorbanan dan pengabdian para pahlawan guna membangun masa depan bangsa, negara yang berdaulat serta mandiri.

     “Saat ini banyak tantangan yang harus kita dihadapi untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan,”  paparnya. Komandan upacara dipercayakan kepada Noorwanto selaku Komandan Laskar Rajawali Mercy Ponorogo. Pembaca Teks Prokalamasi oleh sesepuh Demokrat yang juga mantan Ketua DPC PD Ponorogo, Drs. H. Marjuki. M.Si.

     Petugas pembaca teks UUD Negara RI 1945 adalah Sugijanto, S.Sos yang juga mantan Kades Pohijo, Kecamatan Sampung sekaligus anggota Fraksi PD DPRD Kabupaten Ponorogo. Doa’ dibaca oleh H. Sunoto, S.Sos.,M.Si yang merupakan mantak Kades Kaponan, Kecamatan Mlarak dan juga Bendahara Fraksi PD DPRD Kabupaten Ponorogo. (mnc)