Pacitan-Kabupaten Pacitan akhirnya berhasil meraih Penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Kategori Lalu Lintas untuk Kota Kecil. Piala diterima Bupati Pacitan (06 Mei 2013) di Jakarta yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, E.E. Mangindaan.

Bersama Pacitan ada 22 kota kecil, 13 kota sedang, 2 kota besar dan 2 kota metropolitan yang menerima piala kategori lalu lintas ini. Daftar penerima ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP. 429 Tahun 2013 Tentang Penerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha Tahun 2012.

Menurut Bupati Pacitan penghargaan ini diperoleh berkat upaya dan kerja keras berbagai pihak utamanya Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Pacitan, dan Kepolisian Pacitan yang telah melaksanakan pelayanan dan pembinaan tertib lalu lintas dan angkutan jalan, serta didukung pelaku usaha angkutan (organda) dan partisipasi masyarakat sebagai pelaku tertib lalu lintas.

Untuk itu tegas Bupati Indartato, penghargaan ini harus menjadi pelajaran untuk lebih baik. Terlebih, akses yang mulai terbuka dengan selesainya jalur lintas selatan, mau tidak mau memberikan dampak bagi peningkatan volume kendaraan.

Diraihnya penghargaan WTN ini semakin melengkapi prestasi Kabupaten Pacitan di tingkat nasional setelah beberapa waktu sebelumnya mendapat penghargaan sebagai peringkat ke-4 kabupaten berkinerja terbaik dan juga mendapat penghargaan LPPKS Appreciation. Rencananya selasa besok (07/Mei/2013) Piala WTN akan dikirab mulai perbatasan di Desa Cemeng dan keliling kota Pacitan. Frend Mashudi