PONOROGO – Pihak DPRD Kabupaten Ponorogo menuding pihak Pemkab Ponorogo melalui Dinas Pekerjaan Umum kurang melakukan pengawasan terhadap berbagai proyek perbaikan jalan yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Ponorogo. 

 

     Hal tersebut diketahui setelah pihak Komisi C DPRD Kabupaten Ponorogo melakukan sidak pengecoran jalan di wilayah Kecamatan Sukorejo, tepatnya jalan raya menuju Kecamatan Sampung. Sidak dilakukan karena banyaknya pengaduan masyarakat terkait buruknya proyek perbaikan jalan di wilayah Ponorogo.

 

     Saat melakukan sidak tersebut, para wakil rakyat ini, secara langsung melihat kondisi fisik jalan, mereka juga melakukan pengukuran tebal jalan yang sedang di lakukan pengerjaan. 

“Kami pantau langsung agar pembangunananya lebih baik karena saat ini banyak keluhan dari masyarakat yang masuk ke DPRD,” ujar Moh Erkhamni Selaku Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Ponorogo.

 

     Pihak Komisi C juga menilai jika selama ini pengawasan dari dinas PU saat pengerjaan proyek sangat minim.  “Sehingga pengerjaan proyek pengecoran jalan tersebut dilakukan kurang maksimal. Apalagi menurut laporan masyarakat dalam proses pengecoran jalan sepanjang kurang lebih  200 meter itu, yang 3 meter dikerjakan secara manual, sehingga mutu kualitasnya kurang bagus,” papar politisi PKB ini.

 

    Lebih lanjut, dia berharap, Dinas PU segera turun tangan untuk memantau secara langsung terkait pengerjaan jalan tersebut. “Dalam sidak yang di lakukan hari ini juga banyak menemukan kekurangan dalam pengerjaan pengecoran jalan,” tambahnya.

 

     Sedangkan, Puryono, anggota Komisi C yang lain berharap Dinas PU bertindak tegas terhadap rekanan yang mengerjakan proyek tersebut. “Dinas PU harus tegas terhadap rekanan yang nakal karena kalau mutu pengerjaan jelek yang dirugikan juga rakyat,” terang Priyono, legislator PAN ini. (mnc)